KOMUNIKASI NON VERBAL

KOMUNIKASI NON VERBAL by Ridho Hudayana Komunikasi adalahhubungan kontak antar dan antara manusia maupun kelompok. Dalam kehidupan ...


KOMUNIKASI NON VERBAL
by Ridho Hudayana

Komunikasi adalahhubungan kontak antar dan antara manusia maupun kelompok. Dalam kehidupan sehari-hari, disadari atau tidak disadari, komunikasi adalah bagian dari kehidupan manusia itu sendiri, paling tidak sejak ia dilahirkan. Sudah berkomunikasi dengan lingkungannya.gerak dan tangis bayi saat dilahirkan adalah tanda komunikasi.(Widjaja 1986)
Komunikasi dengan lingkungan dengan menggunakan gerak dan tangis bayi yang telah dipaparkan diatas adalah merupakan bentuk komunikasi nonverbal.
Didalam islam, terutama dalam hal dakwah dikenal dengan “komunikasi non verbal” atau dakwah bi al-hal.
Dalam artian dakwah bukanlah sekedar retorika belaka, tetapi harus menjadi teladan tindakan sebagai dakwah pembangunan secara nyata.
Ini adalah merupakan salah satu contoh dari komunikasi nonverbal. Yang lebih terincinya mengenai aspek yang melingkupi dari komunikasi nonverbal adalah sebagai berikut;

EKSPRESI WAJAH


Foto yang berasal daru buku Mécanisme de la Physionomie Humaine karya Melalui simulasi listrik, Duchenne menentukan otot mana yang menyebabkan berbagai ekspresi wajah.

Ekspresi wajah atau mimik adalah hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia, namun juga terjadi pada mamalia lain dan beberapa spesies hewan lainnya.
Manusia dapat mengalami ekspresi wajah tertentu secara sengaja, tapi umumnya ekspresi wajah dialami secara tidak sengaja akibat perasaan atau emosi manusia tersebut. Biasanya amat sulit untuk menyembunyikan perasaan atau emosi tertentu dari wajah, walaupun banyak orang yang merasa amat ingin melakukannya. Misalnya, orang yang mencoba menyembunyikan perasaan bencinya terhadap seseorang, pada saat tertentu tanpa sengaja akan menunjukkan perasaannya tersebut di wajahnya, walaupun ia berusaha menunjukkan ekspresi netral. Hubungan perasaan dan ekspresi wajah juga dapat berjalan sebaliknya, pengamatan menunjukkan bahwa melakukan ekspresi wajah tertentu dengan sengaja (misalnya: tersenyum), dapat mempengaruhi atau menyebabkan perasaan terkait benar-benar terjadi.[rujukan?]
Sebagian ekspresi wajah dapat diketahui maksudnya dengan mudah, bahkan oleh anggota spesies yang berbeda, misalnya kemarahan dan kepuasan. Namun, beberapa ekspresi lainnya sulit diartikan, misalnya ketakutan dan kejijikan kadang sulit dibedakan. Selain itu, kadang-kadang suatu wajah dapat disalahartikan mengalami emosi tertentu, karena susunan otot-otot wajah orang tersebut secara alami menyerupai wajah seseorang yang mengalami ekspresi tertentu, misalnya wajah seseorang yang tampak selalu tersenyum.
Tips Dalam Berkomunikasi dengan wajah

Wajah Anda adalah alat komunikasi yang kuat. Pesan nonverbal yang disampaikan melalui alis terangkat, sunggingan senyum, dahi berkerut, anggukan kepala, mata melebar, dan mulut terbuka setara dengan ribuan kata. Gunakan wajah Anda dengan kentara untuk menyampaikan perasaan Anda. Mungkin Anda perlu berlatih sedikit Untuk setiap kata berikut, buatlah ekspresi wajah berlebihan : ketakjuban, kekagetan, kehangatan, kepedulian, keingintahuan, ketakutan, kebahagiaan. Bagaimana? Dapatkan Anda membuat ekspresi wajah
yang berbeda-beda? Teruslah berlatih.
Namun perlu diperhatikan dan diingat, akibat sifat dinamika kelas, guru sering berpikir spontan, membuat petunjuk, analogi, dan penjelasan langsung pada saat itu. Seraya pikiran Anda terbentuk, wajah Anda secara alami mengendur menjadi fenomena wajah yang
disebut .datar., sebuah ekspresi tanpa emosi. Karena hal ini otomatis terjadi setiap kali Anda
menyusun pikiran dalam hati, ingatlah agar Anda sengaja tersenyum terutama saat Anda berpikir spontan. Anda mungkin memiliki wajah yang secara alamiah mengendur hingga menampilkan kerut yang menyesatkan. Barangkali saat wajah Anda tidak berekspresi, Anda akan tampak marah, sedih atau kecewa. Anda jarang melihat wajah dalam keadaan tanpa
ekspresi. Biasanya keadaan ini terjadi saat menggosok gigi, menyisir, dan mamatut diri. Perhatikanlah kalau kebetulan Anda sedang bercermin. Lihat bayangan pada cermin. Lalu, silakan melatih senyuman Anda yang mempesona itu.

EKSPRESI NADA SUARA

Kongruensi wajah-suara menjadi alat yang sama ampuhnya dengan ekspresi wajah. Pernahkah Anda merasa tak suka cara seseorang mengatakan sesuatu, meskipun perkataannya
sendiri baik? Nada, volume, dan kecepatan adalah bumbu komunikasi, memberi citarasa pada wajah dan gerak tubuh. Nada, perubahan, dan kualitas pola suara dapat menyatakan kegembiraan, kekecewaan, keraguan, kepastian, dan ketidakpastian, serta emosi-emosi lainnya.
Volume menangkap indra pendengaran dengan cepat. Suara lirih biasanya menandakan
hal penting, misalnya rahasia atau hal kunci. Suara lantang menandakan semangat, komando, dan perhatian.
Variasi kecepatan meningkatkan kepentingan pesan Anda, menonjolkan frase yang penting. Dengan mengubah-ubah kecepatan dengan jeda yang sering, irama yang mantap, dan klausa
yang pendek, siswa tetap akan berminat, sambil juga menambah ketertarikan dan antisipasi pada pesan Anda. Variasi suara bahkan mempengaruhi informasi yang sangat biasa sekalipun. Gunakan bisikan untuk hal-hal yang penting. Gunakan kalimat pendek dan cepat untuk menimbulkan semangat Pola bicara berirama dengan kecepatan sedang akan menarik pelajar auditorial. Selain itu, gerakan kepala dan wajah akan membantu variasi suara. Untuk latihan, rekam diri Anda dengan video saat mengatakan kalimat ini, .Saya guru yang cakap, kompeten, dan mengilhami.. Katakan kalimat ini dengan berbagai intonasi, volume, kjecepatan, ekspresi wajah, dan gerakan kepala.
Putar ulang video itu lalu pejamkan mata. Simaklah baik-baik bagaimana setiap kalimat terdengar. Pilih salah satu yang paling Anda sukai. Putar sekali lagi dengan mata terbuka.

GERAK TUBUH
Gerak tangan, lengan, dan tubuh yang alamiah dan terarah akan memberi penekanan pada pesan Anda, menandai pernyataan kunci, dan menangkap perhatian pelajar kinestetik dengan menyediakan gerakan hidup bagi suara Anda. Pastikanlah Anda menggerakkan lengan dan tangan di luar garis vertikal yang dibentuk kerangka tubuh. Bayangkan dua garis vertikal yang ditarik dari bahu Anda ke lantai. Biasanya gerak tubuh terjadi di antara dua garis ini.
Gerak tubuh di luar kedua garis ini mengirimkan pesan ajakan dan inklusif. Gunakan telapak tangan terbuka ketika berbicara pada perseorangan. Gerakan ini mengajak orang itu berpartisipasi dan bermitra, menyiratkan .sambutlah tanganku.. Gerakan tangan yang
direncanakan dan terarah dapat menunjukkan ide secara visual. Di bawah ini terdapat beberapa contoh :
Tunjukkan urutan hal yang Anda maksudkan : .Ini adalah sila kedua Pancasila,. seraya Anda mengangkat dua jari.
Gambarkan bingkai foto di udara untuk menunjukkan konsep pembingkaian ide untuk menulis.
Gerakkan satu tangan ke samping sambil berkata, .Di satu pihak,.dan gerakkan tangan yang lainnya ke arah yang berlawanan sambil berkata, .Di lain pihak..

Pikirkan bagaimana Anda akan menggerakkan tangan untuk mendukung peryataan berikut :
Alasan kedua jatuhnya Kekaisaran Romawi ...
Untuk mengakhiri masalah ini, mari kita ...
Di pusat sel terdapat nukleus.

EKSPRESI SOSOK (POSTUR)

Pernahkan Anda duduk di sebuah bangku di taman atau mal dan memperhatikan orang lalu-lalang? Bayangkan diri Anda di sana sejenak. Bayangkan ini : seorang anak kecil berlari-lari sambil tertawatawa histeris. Dia menoleh ke belakang dengan cepat, nyaris terjerembab, lalu terus berlari dengan semangat baru. Sementara itu, di sebuah telepon umum seorang lelaki berdiri bersandar, memegang erat gagang telepon Kepalanya nyaris menyentuh dadanya ketika di mengorekngorekkan sepatunya ke tiang penyangga telepon.
Dalam kedua adegan itu bagaimana Anda menggambarkan suasana hati atau perasaan kedua orang itu? Pada apa Anda mendasarkan kesimpulannya? Postur atau sosok mereka tentu saja. Tubuh mengkomunikasikan kondisi internal otak.
Anggap saja begini : postur adalah kerangka atau perancah yang disandari oleh wajah, suara, dan gerak tubuh Postur tentu menandakan pesan spesifik. Kenyamanan dengan tubuh Anda sendiri, gerakan dan tingginya, menyebabkan siswa Anda lebih santai. Menari dan seni drama adalah dua bidang yang digunakan sebagai Quantum Teacher untuk melatih kelancaran gerak dan tindakan tubuh.
Tidak jadi masalah, Anda mempunyai tubuh seperti instruktur fitness atau tidak. Yang penting adalah cara Anda membawa diri - cara Anda menegakkan tubuh dan bergerak. Anda mengenakan sikap seperti pakaian pada tubuh dan bergerak. Perasaan dan pikiran Anda muncul dalam postur Anda. Jika unit pelajaran sekarang tidak menarik bagi Anda, para siswa akan tahu. Sebaliknya, apa yang membuat Anda bersemangat dan bergairah akan diterjemahkan dalam postur Anda.Seberapa sering Anda menunjukkan sikap mental alamiah dari keingintahuan, keterbukaan, dan penemuan saat mengajar? Bangkitkan kesadaran tentang apa yang dikatakan oleh postur Anda. Perekaman dengan video memberikan cermin yang tepat. Rekam diri Anda selama jam pelajaran. Lalu, luangkan waktu untuk menilai kongruensi pesan dengan komunikasi nonverbal Anda. Tonton film tentang presenter yang percaya diri
seperti Martin Luther King atau John F. Kennedey dengan suara dimatikan.
Perhatikan cara mereka menggerakkan tubuh dan posisi untuk menyampaikan beberapa hal kunci. Berdirilah dan tirukan gerak tubuh mereka. Mungkin pertama kali akan terasa sedikit janggal, tetapi dengan latihan ini Anda mengasah keterampilan untuk memperkuat keefektifan komunikasi Anda.

REFERENSI
Widjaja, A.W. 2000. Ilmu Komunikasi. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta.
Quantum Teaching karanangan : Bobbi DePorter, dkk. Komunikasi Nonverbal
Agung Suseno Seto. Dakwah bi al-Hal: Alternatif Model Dakwah Masa Kini.

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: KOMUNIKASI NON VERBAL
KOMUNIKASI NON VERBAL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgs7VY_pQyRfsO3CV0f2rrijS50r6ruA1sq8sshUtcYEBHDY2ZwHFiEj6iNC9xJNHEUHwa02VT8Mam8PD6lzRERChuA4ZBEZc9j7O10ibSZcE-Xrs7IETUOZgcw7thse_2co0AumZn1cN8X/s320/WAJAH.bmp
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgs7VY_pQyRfsO3CV0f2rrijS50r6ruA1sq8sshUtcYEBHDY2ZwHFiEj6iNC9xJNHEUHwa02VT8Mam8PD6lzRERChuA4ZBEZc9j7O10ibSZcE-Xrs7IETUOZgcw7thse_2co0AumZn1cN8X/s72-c/WAJAH.bmp
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2009/12/komunikasi-non-verbal.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2009/12/komunikasi-non-verbal.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy