Intelegensi

Intelegensi from my kognitif psychology lecture BAB I PENDAHULUAN Diantara banyak konsep mengenai atribut psikologi dalam diri manusia, inte...


Intelegensi
from my kognitif psychology lecture

BAB I
PENDAHULUAN



Diantara banyak konsep mengenai atribut psikologi dalam diri manusia, inteligensi merupakan salah satu konsep yang paling sulit untuk didefinisikan namun merupakan pula yang paling popular. Semua orang mudah merasa memahami makna inteligensi sebagaimana memahami makna istilah emosi atau kepribadian. Mengapa inteligensi dianggap begitu penting? Jawabannya terletak pada keyakinan orang bahwa inteligensi mampu memprediksikan berbagai aspek perilaku manusia.

Meslipun pengertian kebanyakan orang akan inteligensi tidak banyak berbeda dari pengertian para ahliu akan tetapi tidak sedikit orang yang menaruh harapan diluar proporsi yang seharusnya pada inteligensi yang tinggi dan ada pula orang yang merasa rendah diri dan putus asa dikarenakan hasil tes IQnya tidak sesuai dengan harapan. IQ seolah menjanjikan harapan dan menjadi bekal tumpuan untuk mencapai keberhasilan disemua bidang kehidupan.

Makalah yang kami buat ini akan mengantarkan beberapa konsep mengenai inteligensi dan berbagai aspeknya dengan harapan dapat menambah wawasan kita, sehingga kita semua dapat meletakkan pandangan tentang inteligensi secara lebih proposional.


BAB II
PEMBAHASAN

A.DEFINISI INTELIGENSI

Inteligensi adalah salah satu kemampuan mental, pikiran, atau intelektual manusia. Inteligensi merupakan merupakan bagian dari proses – proses kognitif pada urutan yang lebih tinggi (high cognition). Secara umum inteligensi biasa disebut kecerdasan.
Perkembangan faham dalam psikologi selanjutnya menggeser pandangan yang bersifat fisikal seperti itu kearah pandangan yang lebih bersifat mentalis. Hal itu tampak dalam beberapa definisi inteligensi sebagaimana pernah dirumuskan oleg para ahli psikologi, sebagai berikut :
 Alfred Binet (1857)
Mendefinisikan inteligensi terdiri dari tiga komponen yaitu :
a. kemampuan untuk mengarahkan pikiran atau mengarahkan tindakan
b. kemampuan untuk mengubah arah tindakan, dan
c. kemampuan untuk mengkritik diri sendiri
 Lewis Madiaso Terman (1916)
Mendefinisikan inteligensi senbagai kemampuan seseorang utuk berpikir secara abstak.
 H.H Goddard (1946)
Mendefinisikan inteligensi sebagai tingkat kemampuan pengalaman seseorang untuk menyelesaikan masalah – masalah yang langsung dihadapi dan untuk mengantisipasi masalah – masalah yang akan datang
 V.A.C Henmon(1974)
Ia mengatakan bahwa inteligensi terdiri dari dua factor, yakni :
a. Kemampuan untuk memperoleh pengetahuan
b. Pengetahuan yang telah diperoleh
 Edward Lee Thorndike (1913)
Mendefinisikan inteligensi sebagai kemampuan dalam memberikan respon yang baik dari pandangan kebenaran atau fakta.
 George D. Stoddard
Mendefinisikan inteligensi sebagai kemampuan manusia untuk menyesaikan masalah yang berc irikan :
a. mengandung kesukaran
b. kompleks, yaitu mampu menyerap kemampuan baru yang sudah dimiliki untuk menghadapi masalah
c. abstrak, yakni mengandung symbol – symbol yang memerlukan analisis dan interpretasi
d. ekonomis, yaitu proses mental yang efisien dari penggunaan waktu
e. diarahkan pada satu tujuan
f. mempunyai nilai social dan berasal dari sumbernya
 David Wechsler
Inteligensi sebagai kemampuan untukl bertindak dengan tujuaqn tertentu, berpikir secara rasional dan menghadapi lingkungan secara efektif
 Walters dan Gardner (1986)
Mendefinisikan inteligensi sebagai kemampuan yang memungkinkan individu memec ahkan masalah

B. TEORI – TEORI INTELIGENSI

Teori – teori inteligensi dibedakan menjadi empat macam, diantaranya:

a. Teori Faktor
Teori ini dikembangkan oleh Spearman, dia mengembangkan teori dua factor dalam kemampuan mental manusia. Yakni :
a. teori factor “g” (factor kemampuan umum)
kemampuan menyelesaikan masalah atau tugas – tugas secara umum (misalnya, kemampuan menyelesaikan soal – soal matematika)
b. teori factor “s” (factor kemampuan khusus)
kemampouan menyelesaikan masalah atau tugas - tugas secara khusus (misalnya, mengerjakan soal – soal perkalian,atau penambahan dalam matematika)

b. Teori Struktural Intelektual
Teori ini dikembangkan oleh Guilford, dia mengatakan bahwa tiap tiap kemampuan memiliki jenis keunikan tersendiri dalam aktifitas mental atau pikiran (operation), isi informasi (content), dan hasil informasi (product).penjelasannya adalah sbb :
a. Operation (aktivitas pikiran atau mental)
• Cognition yaitu aktivitas mencari, menemukan, mengetahui dan memahami informasi. Misalnya mengetahui makna kata “adil” atau “krisis”
• Memory yakni menyimpan informasi dalam pikiran dan mempertahankannya
• Divergent production yakni proses menghasikan sejumlah alternative informasi dari gudang ingatan untuk memenuhi kebutuhan, misalnya mengusulkan sejumlah judul sebuah cerita
• Convergent production yaitu penggalian informasi khusus secara penuh dari gudang ingatan. Misalkan menemukan kata – kata yang cocok untuk jawaban TTS
• Evaluation yakni memutuskan yang paling baik dan yang cocok dengan tuntunan berpikir logis
b. Content (isi informasi)
• Visual yaitu informasi – informasi yang muncul secara langsung dari stimulasi yang diterina oleh mata
• Auditory yakni informasi – informasi yang muncul secara langsung dari stimulasi yang diterina oleh system pendengaran (telinga)
• Simbolic yaitu iem – item informasi yang tersusun urut bersamaan dengan iem – iet yang lain. Misalnya sederet angka, huruf abjad dan kombinasinya
• Sematic biasanya berhubungan dengan makna atau arti tetapi tidak melekat pada symbol – symbol kata
• Behavioral yakni item informasi mengenai keadaan mental dan perilaku individuuang dipindahkan melaluyi tindakan dan bahasa tubuh.
c. Product (bentuk informasi yang dihasilkan)
• Unit yaitu suatu kesatuan yang memiliki suatu keunuikan didalam kombinasi sifat dan atributnya, contoh bunyi musik,cetakan kata
• Class yakni sebuah konsep dibalik sekumpulan obyek yang serupa. Misalkan bilangan genap dan ganjil
• Relation yakni hubungan antara dua item. Contoh dua orang yang memiliki huruf depan berurutan, Abi kawin dengan Ani
• Sistem yakni tiga item atau lebih berhubungan dalam suatu susunan totalitas. Misalkan tiga orang berinteraksi didalam sebuah acara dialog di TV
• Transformation yaitu setiap perubahan atau pergantian item informasi
• Implication yakni item informasi diusulkan oleh item informasi yang sudah ada. Misalkan melihat 4X5 dan berpikir 20.

c. Teori Kognitif
Teori ini dikembangkan oleh Sternberg menurutnya inteligensi dapat dianalisis kedalam beberapa komponen yang dapat membantu seseorang untuk memecahkan masalahnya diantaranya :
• Metakomponen adalah proses pengendalian yang terletak pada urutan lebih tinggi yang digunakan untuk melaksanakan rencana, memonitor, dan mengevaluasi kinerja dalam suatu tugas
• Komponen kinerja adalah proses – proses pada urutan lebih rendah yang digunakan untuk melaksanakan berbagai strategi bagi kinerja dalam tugas
• Komponen perolehan pengetahuan adalah proses – proses yang terlibat dalam mempelajari informasi baru dan penyimpanannya dalam ingatan

d. Teori Inteligensi Majemuk (multiple intelligences)
Teori ini dikembangkan oleh Howard Gadner, dalam teorinya ia mengemukakan sedikitnya ada tujuh jenis inteligensi yang dimiliki manusia secara alami, diantaranya :
• Inteligensi bahasa (verbal or linguistic intelligence) yaitu kemampuan memanipulasi kata – kata didalam bentuk lisan atau tulisan. Misalnya membuat puisi
• Inteligensi matematika-logika (mathematical-logical) yaitu kemampuan memanipulasi system-sistemangka dan konsep-konsep menurut logika. Misalkan para ilmuwan bidang fisika, matematika
• Inteligensi ruang (spatial intelligence) adalah kemampuan untuk melihat dan memanipulasi pola-pola dan rancangan. Contohnya pelaut, insinyur dan dokter bedah
• Inteligensi musik (musical intelligence)adalah kemampuan memahami dan memanipulasi konsep-konsep musik. Contohnya intonasi, irama, harmoni
• Inteligensi gerak-tubuh(bodily-kinesthetic intelligence)yakni kemampuan untuk menggunakan tubuh dan gerak. Misalkan penari, atlet
• Inteligensi intrapersonal yaitu kemampuan untuk memahami perasaan – perasaan sendiri, refleksi, pengetahuan batin, dan filosofinya,contohnya ahli sufi dan agamawan
• Inteligensi interpersonal yaitu kemmampuan memahami orang lain, pikiran maupun perasaan – perasaannya, misalnya politis, petugas klinik, psikiater


C. KECERDASAN PADA MANUSIA

Manusia diciptakan dan dengan dilengkapi dengan kecerdasan yang memiliki kemampuan luar biasa, yang tidak dimiliki oleh makhluk lain dan kec erdasan sebagai suatu kemampuan ini pulalah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya dimuka bumi ini, dengan kec erdasan ini pula manusia dapat menjalani kehidupan yang dinamis dan beadab.
Adapun kecerdasan atu inteligensi manusia mempunyai implikasi sebagai suatu kemampuan adalah sbb :
1. Kemampuan mengklasifikasi pola – pola objek
Seorang yang normal adalah orang yang mampu dalam mengklasifikasikan stimulasi-stimulasi yang tidak identik ke dalam satu kelas atau rumpun
2. Kemampuan beradaptasi (kemampuan belajar)
Kemampuan beradaptasi merupakan suatu kemampuan yang harus manusia miliki dalam kehidupannya dan kemampuan beradaptasi ini menentukan inteligensi atau kecerdasan seseorang apakah inteligensinya tinggi atau rendah
3. Kemampuan menalar secara deduktif
Yaitu kemampuan menalar atau melogikan sesuatu dari kesimpulan menjadi paparan yang detail
4. Kemampuan menalar secara induktif
Yakni kemampuan penalaran atau melogikakan sesuatu yang berupa paparan atau penjelasan menjadi suatu kesimpulan yang mewakili
5. Kemampuan mengembangkan konsep
Yaitu kemampuan seseorang memahami suatu c ara kerja objek atau fungsinya dan kemampuannya bagaimana menginterpretasikan suatu kejadian
6. Kemampuan memahami
Kemampuan memahami adalah kemampuan seseorang dalam melihat adanya hubungan atau relasi didalam suatu masalah dan kegunaan – kegunaan hubungannya bagi pemecahan masalah tersebut

D. KECERDASAN PADA KOMPUTER

Kecerdasan pada computer merupakan subbidang pengetahuan computer yang khusus ditujukan untuk membuat hardwere yang sepenuhnya bias menirukan beberapa fungsi dari pada otak manusia

Dalam aplikasinya kecerdasan pada computer ini merupakan hal yang luar biasa dan melibihi kemampuan manusia terutama dalam bidang kecepatan dan menyimpan data yang lebih besar serta dengan mudah ia bisa memperolehnya kembali
Pada batas – batas tertentu kecerdasan pada computer untuk menerima pengetahuan melalui input manusia dan menggunakan kemampuannya itu melalui stimulasi proses penalaran dan berpikir manusia untuk memecahakan berbagai masalah. Bagian utama aplikasi kecerdasan pada manusia adalah pengetahuan melalui upaya yang diberikan oleh seorang pakar manusia



E. INDIKATOR PERILAKU CERDAS

Indikator – indikator penting dari suatu perilaku inteligensi berdasarkan hasil penelitian mengenai kemampuan memproses informasi adalah berkaitan dengan ingatan jangka pendek, pengtahuan umum, penalaran dan pemecahan masalah, dan perilaku adaptasi.

a. Ingatan jangka pendek
Orang – orang yang memiliki inteligensi yang tinggi cenderung lebih cepat dan akurat didalam memproses informasi jika dibandingkan denagn mereka yang memiliki inteligensi rendah. Hal ini berlaku pada proses menggali kembali atau membaca pengetahuan dari ingatan
b. Pengetahuan umum
Pengetahuan umum merupakan bagian penting dari inteligensi manusia yaitu kemampuan menyimpan informasi didalam ingatan dalam bentuk skema yang terorganisasikan dengan baik dan mengakses kembali informasi itu secara efisien merupakan karakteristik penting dari inteligensi atau kecerdasan.
c. Penalaran dan pemecahan masalah
Kemampuan penalaran dan pemecahan masalah merupakan komponen penting dari inteligensi manusia. Penalaran dicirikan dengan adanya usaha mengkombinasikan elemen – elemen informasi yang diketahui untuk menghasilkan informasi baru
d. Adaptasi
Kemapuan beradaptasi merupakan suatu perilaku yang sangat kompleks, karena didalamnya melibatkan sejumlah fungsi intelektual misalnya penalaran, ingatan kerja, dan belajar keterampilan.


Makin tinggi kecerdasan atau inteligensi manusia maka seseorang tersebut akan lebih cepat dan efektif didalam menentukan strategi berdaptasi dengan perubahan tugas dan lingkungan yang baru begitu pula sebaliknya


BAB III
KESIMPULAN


Didalam perspektif pemrosesan informasi inteligensi merupakan bagian dari proses – proses kognitif lebih tinggi, inteligensi manusia meliputi kemampuan memahami, mengklasifikasikan objek, menalar secara logis, baik induktif maupun deduktif, beradaptasi atau belajar dan mengembangkan konsep – konsep tentang sesuatu dan menggunakannya untuk menerangkan dan menginterpretasikan kejadian – kejadian dilingkungannya

Indikator umum perilaku inteligensi antara lain adalah kecepatan memproses informasi dan mengakses informasi yang tersimpan dalam ingatan, menalar sesuatu dengan baik dan logis, serta memec ahkan masalah – masalah praktis

Kemampuan beradaptasi terhadap perubahan tuntutan tugas dan lingkungan yang baru merupakan indicator yang penting bagi inteligensi , sebab kemampuan beradaptasi merupakan perilaku yang kom[pleks sehingga melibatkan penggunaan fungsi daripada inteligensi

Berdasarkan dari hasil penelitian oleh para ahli inteligensi umum (IQ) mempunyai peran penting dalam aspek kehidupan manusia, misalnya pencapaian karir, kinerja jabatan, prestasi akademik, kreativitas, dan kualitas kesehatan

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Intelegensi
Intelegensi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtasZYVyn3wGTAbuJ0cQ0KHZHlrMm2u92tf32VvK59ImEZfmf0iCtusTB5AIP6nQMDXJjmBPI07TiNOZNmxaMqw6StTgnmh2Pnh7IKj-_xONynQNuxbYaxIijBL0s9c6i3fhZGUHIN_2m3/s320/1182849351_376_1152_864.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtasZYVyn3wGTAbuJ0cQ0KHZHlrMm2u92tf32VvK59ImEZfmf0iCtusTB5AIP6nQMDXJjmBPI07TiNOZNmxaMqw6StTgnmh2Pnh7IKj-_xONynQNuxbYaxIijBL0s9c6i3fhZGUHIN_2m3/s72-c/1182849351_376_1152_864.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2009/12/intelegensi.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2009/12/intelegensi.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy