Kenali dan Sukses dengan Stress

By. Ridho Hudayana Stress Kok Dipelihara ? Siapa yang tidak pernah mengalami stress? Ya, selama manusia hidup ini pasti pernah merasakann...

By. Ridho Hudayana

Stress Kok Dipelihara?

Siapa yang tidak pernah mengalami stress? Ya, selama manusia hidup ini pasti pernah merasakannya, bahkan hewan juga merasakan stress. Apa sebenarnya penyebab stress? Sungguh bermacam-macam bentuknya dan berbagai macam rupanya, namun secara hakikatnya stress ini selalu berada ketika diri kita sulit menerima masalah.

Kalau berbicara masalah, pastinya secara sederhana kita memahami masalah itu adalah kesenjangan antara harapan dan realita. Dan ketika masalah itu hadir dan kita sulit menerimanya, itu sudah bisa dikatrakan stress atau tekanan pikiran atau mental secara sederhana. Setelah sulit menerima masalah, sulit pula mengatasi masalah itu, ini memunculkan stress lanjutan. Yang berbahaya kemudian jika masalah dan stress itu dipelihara tanpa ditemukan solusinya, selanjutnya bisa jadi menjadi depresi.

Namun begitu, apakah stress itu selalu buruk? stress tidaklah selalu buruk sebagaimana yang kita bahas diatas, karena untuk mengatasi stress dan merubah stress menjadi baik untuk kita, maka sebelumnya kita harus temu kenali jenis stress yang baik dan buruk, sedikit kulitnya, tulisan ini membahas tentang stress yang baik dan stress yang buruk, supaya kita bisa mengatasinya dan memanfaatkannya.

Stress yang Buruk

Stress yang buruk tentunya semua kita tau dan mungkin pernah mengalaminya, semisal ketika kita stress terhadap suatu masalah, terus kita mulai menyalahkan orang lain dan menghindar dari masalah tanpa menyelesaikannya, karena pada dasarnya kita menghindari masalah, bukan masalah itu pergi, tapi masalah itu sebenarnya sedang mengikuti kita kemanapun kita berada. Dan menyalahkan orang lain sejatinya hanya menambah kualitas buruknya stress yang kita alami itu.

Stress yang buruk juga terjadi, ketika kita memliki kepribadian tertutup, sehingga stress itu kita simpan dan tidak ada yang tahu, padahal stress itu sebenarnya masih bisa kita bahas dan diuraikan bersama guru, orang tua, dan sahabat. Sehingga ketika stress itu memuncak, yang kerap terjadi adalah pada tindakan negative, sampai pada tahap bunuh diri, na’udzubillahi min dzalik.

Stress yang buruk ini hendaknya bisa diatasi dengan intropeksi diri, mencoba untuk mencicil setiap hari untuk menyelesaikan masalahnya, terbuka dengan orang lain yang bisa kita percaya, dan mencoba untuk menguraikan masalah yang kita hadapi, yang terpenting adalah selalu berpositif thinking kalau semua masalah itu ada solusinya.

Yuk.. Sukses dengan Stress

Seperti di pengantar tulisan ini, penulis nyatakan, tidak semua stress itu buruk, bahkan stress itu sebenarnya baik, bahkan bisa jadi lebih baik dari rasa senang, why? Ya, ketika kita tidak merasakan stress, dan hanya ingin merasakan senang, maka hidup ini pasti membosankan, ketika membosankan, kita akan mudah kehilangan makna hidup, ketika kehilangan makna hidup, itu berarti kita sudah berhenti hidup walaupun kita belum mati, ruh dan jasad belum berpisah.

Jadi sebenarnya stress itu penting, apalagi jika kita ingin sukses, maka butuh stressor yang bisa membuat kita lebih hebat lagi, lebih kuat, lebih cepat, dan lebih sukses. Misalnya dalam bekerja, kita di berikan deadline yang sangat singkat dengan pekerjaan yang banyak, banyak yang merasa stress lalu mencaci deadline dan tugas-tugas itu.

Namun itu tidak terjadi jika kita hadapi dengan sikap yang baik dalam menghadapinya seperti, “Alhamdulillah, waktunya membuktikan kalau saya bisa dan yang terbaik dalam pekerjaan ini” ya walaupun stress juga tapi ketika diawali dengan sikap seperti itu, maka sangat mungkin stress itu hilang yang ada hanyalah kesuksesan.

Secara teknis menghilangkan stress, secara instan dan paten, insyaAllah akan penulis  bahas besok pagi, semoga tulisan ini bermanfaat, silahkan di komen jika ada kesalahan dari tulisan ini, atau menambahkan dari tulisan yang sangat ringan ini. Wallahu’alam Bisshowab.


COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Kenali dan Sukses dengan Stress
Kenali dan Sukses dengan Stress
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuelxZmC1p3ZZwIw1yj020P0O6k7gu7YjRSrv9G79vAtFnlHG1m7goduRHcc4q_T5fpHljA07PIjmhZwC9VIrMt59Peh-RP7OAtrqAdf4BXz2VT80mQfBISdv-m3-QCm1ceiaj8DxdJS0/s640/IMG_20170312_081107.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiuelxZmC1p3ZZwIw1yj020P0O6k7gu7YjRSrv9G79vAtFnlHG1m7goduRHcc4q_T5fpHljA07PIjmhZwC9VIrMt59Peh-RP7OAtrqAdf4BXz2VT80mQfBISdv-m3-QCm1ceiaj8DxdJS0/s72-c/IMG_20170312_081107.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2017/03/kenali-dan-sukses-dengan-stress.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2017/03/kenali-dan-sukses-dengan-stress.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy