Hati-Hati Membaca!

By. Ridho Hudayana Ketika kita membaca , itu seperti kita sedang memberikan akal dan pikiran kita pada bacaan itu (Ridho Huday...

By. Ridho Hudayana

Ketika kita membaca, itu seperti kita sedang memberikan akal dan pikiran kita pada bacaan itu (Ridho Hudayana)

Karena Tidak Semua Yang Anda Baca Itu Buat Anda

Teknologi dunia maya membuat kita mudah meng akses semua hal, termasuk akses untuk membaca, dari informasi dampai keilmuan. Dari informasi yang benar sampai yang Hoax pun mudah dijumpai, entah via website sampai ke dunia maya yang hampir semua orang menggenggamnya di tangan mereka melalui smartphone nya. Dan pertukaran ilmu juga dengan mudah disampaikan dari pesan teks sampai ke audio visual yang diunduh via website maupun via media social, dari yang benar-benar ilmu sampai sepertinya ilmu tapi menyesatkan.
Semua informasi dan ilmu yang mudah diakses itu, terutama yang dalam bentuk tulisan atau teks yang dibaca semua orang, tentu juga memiliki dampak yang positif dan negative terhadap diri seseorang, bisa jadi dengan informasi yang benar dan ilmu yang dipelajari didunia maya ini bisa membuat hidup seseorang itu lebih bahagia dan mudah, atau bisa jadi sebaliknya, membuat semakin gelisah, tidak tenang dan hidup dalam kesesatan karena informasi dan ilmu yang ditampilkan di dunia maya itu Hoax dan menjerumuskan pada kesesatan.

Dalam tulisan singkat ini penulis sedikit berbagi ilmu tentang membaca yang baik dan bunar dalam konteks konten atau isi dari bacaan yang baik dan benar untuk kita konsumsi, semoga ini bukan Hoax dan Ilmu yang sesat, tolong dikoreksi, sebagai pembaca budiman tentu memiliki beberapa hal sebagai berikut.

Kenali Kebutuhan Informasi Anda

Segala sesuatu yang tidak kita butuhkan, tidak akan bisa membuat kita lebih baik, karena semuanya akan menjadi sampah dipikiran kita, maka yang pertama kita perhatikan dengan seksama adalah informasi apa yang kita butuhkan bukan yang tidak kita butuhkan, karena itu akan menjadi sia-sia, dan jika berita itu bersifat sangat emosional, maka bisa jadi membuat hari-hari kita galau.

Maka dari itu, pertama yang harus kita perhatikan dalam kita membaca adalah kenali jenius bacaaan atai informasi yang kita butuhkan, yang membuat kita lebih baik lagi dari hari kehari, karena kita kenal dengan kebutuhan yang mana butuh kit abaca dan mana yang tidak perlu kita baca.

Hanya Membaca dari Sumber terpecaya

Jangan sembarangan dalam membaca, karena sumber yang tidak terpercaya, sehingga informasi yang disampaikan tidak mengandung kebenaran alias Hoax dan pada akhirnya menyesatkan kita yang membacanya, makanya penting mengenali siapa yang menyampaikan dan sumber atau media yang mempublikasikannya.

Sungguh ketika sumbernya tidak dapat dipercaya, ini sangat berbahaya bagi apa yang akan kita baca nantinya, karena ketika kita membaca dari berita yang tidak benar dan menyesatkan itu, yang terjadi sebaliknya, awalnya kita biasa saja, tapi akhirnya bisa jadi kita salah mengambil keputusan, karena informasi yang kita peroleh, biasanya mempengaruhi keputusan dalam hidup kita, baik untuk memilih maupun untuk menetapkan sesuatu untuk diri dan komunitas atau organisasi kita.

Bandingkan Bacaan dengan Berbagai Sumber

Jangan membaca hanya dari satu sumber saja, karena bisa jadi sumber yang kita baca ada kurangnya, atau bahkan banyak tidak benarnya ketika kita bandingkan dengan banyak sumber dengan tema yang sama, maka sebagai pembaca, kita harus mengkonfirmasi yang kita abaca dengan berbagai sumber, sebelum hasil bacaan kita itu bermuara pada keputusan untuk memilih dan menetapkan dari skala diri dan orang lain.

Budaya membaca dari berbagai sumber guna untuk menguji kebenaran yang kita baca inilah kunci dari kunci untuk mendapatkan informasi maupun ilmu yang benar dan tidak menyesatkan.

Karena yang terjadi jika informasi dan ilmu yang kita baca tidak kita bandingkan, apalagi semuanya kita temukan di media social dan lain sebagainya yang hari ini sangat mudah diakses, maka akan berdampak pada kehidupan kita. Wallahu’alam bisshowab.

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Hati-Hati Membaca!
Hati-Hati Membaca!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjolumUIaOiuDYbiaCI-_sa87fgaEwrXKmt4gOnkDhgMiiUHssokCyDYkgVO30tETBIhTfLCEFt1eONEzhbP613-I9uznzrrlBhfLYiDQ7LjFQgot9Xdf7gU1BqhgtZNNUFotJMIu3Xsmc/s640/FB_IMG_1488846305101.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjolumUIaOiuDYbiaCI-_sa87fgaEwrXKmt4gOnkDhgMiiUHssokCyDYkgVO30tETBIhTfLCEFt1eONEzhbP613-I9uznzrrlBhfLYiDQ7LjFQgot9Xdf7gU1BqhgtZNNUFotJMIu3Xsmc/s72-c/FB_IMG_1488846305101.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2017/03/hati-hati-membaca.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2017/03/hati-hati-membaca.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy