Education Base On Character?

By. Ridho Hudayana Dalam diskusi perkuliahan Genius Campus di SBS (Sang Bintang School) Building kemaren, kami berdiskusi tentan...


By. Ridho Hudayana


Dalam diskusi perkuliahan Genius Campus di SBS (Sang Bintang School) Building kemaren, kami berdiskusi tentang kasus target nilai bukan kemampuan pada pendidikan formal di Indonesia, dengan pisau analisa Why, What, How, kami membedahnya panjang lebar kasus yang sebenarnya semua orang tahu itu,Namun whats Next?

Itulah yang selanjutnya kita bincangkan yang saya mengerucutkan itu karena sekolah hari ini kabur dalam tujuan dan visi pemograman peserta didik, seperti seragam SMA yang abu-abu (warna yang menurut saya tidak “jelas” sedunia). Buktinya tidak sedikit dari lulusan SMA “galau” mau kemana setelah SMA?

Memang hari ini tidak kelihatan ideologi dalam pengajaran di sekolah. Dimana guru mengarahkan dengan benar apa sebenarnya dari pelajaran yang mereka pelajari di sekolah yang mampu memberikan “lampu” dikepalanya?

Untuk melengkapi dan memberikan gambaran dari diskusi ini, saya menguraikan pengertian karakter berdasarkan beberapa pengertian dari buku Grow With Character The Model  karya Hermawan Kartajaya yang di launchingnya di ulang tahun MARKPLUS yang ke 20 tahun.

“Character is what you do when No Body sees you”

 Karakter adalah apa yang anda lakukan ketika tidak ada satu orangpun yang melihat atau memperhatikan anda. Sebaliknya jika dilakukan itu dikarenakan ada yang memperhatikan anda, maka hal itu belum menjadi karakter atau anda belum memiliki karakter itu.

Jika belajar itu hanya kalau ada guru disekolah, jika tidak mencontek hanya karena ada guru yang mengawasi, dan jika ia datang bekerja kalau hanya ada atasan atau absensi, dan beribadah/berbuat baik kalau ada yang melihat. Maka itu semua bukanlah karakter anda!

 “Character is what keeps you Going When Nobody Appreciates and Support You”

Karakter adalah apa yang anda tetap lakukan ketika tidak ada satu orangpun yang menghargai apa yang anda lakukan. Dan bukanlah karakter ketika anda berhenti melakukan sesuatu yang anda yakini ketika tidak ada yang menghargai apa yang anda lakukan.

Apakah anda akan menjadi juara satu dikelas, jika semua orang tidakmemberi anda ucapan selamat, hadiah, ataupun tidak ada yang mau mengetahui anda sang juara? Apakah anda mau bekerja keras untuk tim kerja anda, sementara tim kerja anda malas-malasan dan mengatakan kerja anda buruk? Apakah anda mau menyayangi orang yang tidak pernah mengatakan cinta dan tidak membalas cinta pada anda? Jika anda menjawab ya saya lakukan maka andalah pemilik karakter itu!


“Character Is What Somebody Still Trust You With When You Do Wrong”

Karakter adalah seseorang yang masih percaya pada anda ketika anda melakukan kesalahan. Bahwasanya apapun yang anda lakukan walaupun anda salah, orang tetap mempercai anda, karena anda telah meyakinkan dari karakter anda.

Ketika anda tersesat dalam suatu perjalanan, karena anda mungkin salah melihat peta, tapi orang seperjalanan anda tetap mempercayai anda, itulah karakter anda. Ketika anda melakukan tidak sengaja korupsi dan melibatkan orang banyak. Dan orang itu masih tetap percaya dan berharap pada anda bisa menyelesaikan masalah korupsi itu. Itulah menandakan anda memiliki karakter.


“Character Is What you believe in people and what people believe in you”

Karakter adalah apa yang anda yakini ada dalam diri orang lain dan apa yang orang lain yakini dalam diri anda. Jika anda meyakini  ada kebaikan dalam diri orang lain maka anda pun akan meyakini hal yang sama pada diri anda bahwa anda juga memiliki kebaikan.

Karena sering sekali diri anda adalah apa yang anda yakini pada diri anda dengan melihat apa yang ada pada diri orang lain disekitar anda. Jika anda berada dilingkungan orang-orang kaya, anda akan meyakini bahwa anda juga kaya, walaupun anda sebenarnya belum kaya, tapi anda dan orang lain itu yakin anda akan segera menjadi kaya.

Pendidikan Karakter???

Sejak  tahun 2010 pendidikan di Indonesia diramaikan dengan pembelajaran berbasis karakter. Sayapun tidak terlalu jelas, karakter seperti apa yang ingin dibangun di pendidikan di Indonesia. Mungkin karena di pendidikan barat juga sedang menggembor-gemborkannya, jadi latah deh.. hehe..

Lucu memang, tapi kenyataannya pendidikan di Indonesia yang terlihat secara informal masih belum memperdulikan karakter sebagaimana karakter pembelajaran dengan gaya belajar kinestetik misalnya, mereka adalah orang yang tidak betah duduk-duduk dikelas, tapi anak itulah yang tidak disukai oleh guru dan murid-murid berkarakter sebaliknya.

Dan sampai hari ini karakter-karakter mereka masih tetap diajdikan satu dengan karakterlainnya.Trus seperti apa karakter yang harus ditanamkan pada siswa, demi mencerdaskan dan melahirkan pemimpin bangsa ini, yang katanya sedang krisis pemimpin dan kepemimpinan?

Karakter 3+1= Kemajuan Tidak Tertandingi!

Hari ini sudah seharusnya pendidikan informal, formal dan informal minimal mampu memberikan 3 hal yang dilakukan di kampus ternama didunia, Harvard University yaitu, dengan memberikan mahasiswanya knowledge, skill, attitude.

Disekolah-sekolah di negeri ini membutuhkan 3 hal itu yang menjadi tujuan dan target.Knowledge sebagai pengetahuan secara umum tentang semua hal yang dibutuhkannya dalam hidup dan memberikan sumbangsih ilmu untuk ia terapkan dimasa kini dan masa yang akan dating.

Skill sebagai kemampuannya untuk mengadaptasikan ilmunya dalam tindakan nyata, tidak hanya habis dibicarakan dan didiskusikan tapi juga menjadi penerapan. Sehingga Bruce Lee mengatakan Knowledge is not power, but Apply of Knowledge is Power.

Sedangkan dalam mendapatkan dan pengadaptasian knowledge dan skill dilapangan butuh Attitude atau sikap sebagaimana mestinya supaya knowledge bisa didapat dan skill bisa dikuasai dengan baik. Seperti ketika kita ingin mengetahui ilmu matematika dari seorang guru.

Maka sikap kita adalah memperhatikan seksama dan terus berlatih supaya bisa menguasai pengetahuan matematika. Belum lagi sikap penuntut ilmu kepada guru dan ditambah dengan sikap seorang penuntut ilmu tadi dalam menerapkan ilmu itu dalam kehidupan sehari-hari.

Dan kalau dalam tataran tertinggi sebenarnya dalam pendidikan selain memberikan 3 hal yaitu; knowledge, skill, dan attitude, adalah memberikan 1 hal yang menentukan diakan kemana dan menjadi besar atau sebaliknya. Dalam dunia pendidikan khusunya yang berakibat lanjutan dalam dunia kerja.

Satu hal itu bernama tauhid yang benar, karena tauhid adalah masalah orientasi tentang semua yang mereka dapatkan dalam menempuh pendidikannya. Jika mereka tidak memiliki tauhid yang benar sudah bisa kita akan lihat apa yang terjadi dalam pendidikan yang ia jalani.

Jika orientasinya adalah pada nilai, maka akan dipastikan ia tidak akan beljar kalau tidak mendapatkan nilai yang baik dirapornya. Dan ia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nilai, mencontek temannya maupun melihat buku atau catatan contekannya. Dan kemungkinan akibat itu akan berakibat pada didunia kerja yang akan mungkin mereka calon koruptor baru.Untuk itulah salah satu peran Karakter 3+1, selain 3+1 ini adalah karakter yang sesungguhnya dibutuhkan dalam dunia pendidikan dan untuk bekal mereka bekerja dan berkarya untuk masadepannya kelak.
 ·  ·  · Bagikan · Hapus

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Education Base On Character?
Education Base On Character?
http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/419498_2775349384250_1273547891_2155905_857030764_a.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2012/04/education-base-on-character.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2012/04/education-base-on-character.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy