HIGH EFFECT with Hypnotizm Approach

oleh  Ridho Hudayana  pada 04 Oktober 2011 jam 9:52 #6 Minggu Bisa Presentation Tips By. Ridho Hudayana (Mr. Cool, Calm, C...


oleh Ridho Hudayana pada 04 Oktober 2011 jam 9:52

#6 Minggu Bisa Presentation Tips
By. Ridho Hudayana (Mr. Cool, Calm, Confident)

Preface
Sekedar berbagi pengalaman presentasi demi presentasi untukk mempromosikan program 6 Minggu Bisa yang pernah saya lakukan di berbagai kota di Indonesia. baik dalam skala personal 1-5 orang maupun skala grup 10-57 orang. Pengalaman presentasi yang pernah saya lakukan dari kalangan pelajar SMA, Guru SMA dan SMP, Mahasiswa S1-S3,  pegawai swasta sampai pegawai negeri dan pejabat pemerintahan. Membuah hasil yang cukup menakjubkan dengan closing deal yang sampai hari ini telah membuahkan hasil yang baik.

Perlu diketahui, presentasi yang saya lakukan ini semua berawal dari niat tulus yang ingin memajukan orang-orang yang mengikuti presentasi saya. Mungkin, inilah yang saya sebut sebagai modal dari ke-lugu-an yang saya miliki dalam presentasi ini. Namun hal ini yang terus saya pertahankan dalam setiap presentasi 6 Minggu Bisa yang saya lakukan sampai hari ini. Walaupun pengalaman gagal juga pernah saya rasakan dan sangat wajar saya dapatkan. Namun semua tidak pernah membuat saya kapok untuk presentasi, sebaliknya saya semakin penasaran untuk memodifikasi presentasi yang saya lakukan, dan menghasilkan hasil yang terbaik.


Dalam setiap presentasi yang saya lakukan, selalu saya menggunakan sedikit ilmu psikologi yang saya pelajari waktu saya kuliah dan di organisasi-organisasi yang pernah saya ikuti. Hingga saya berkesimpulan. Bahwasanya presentasi itu adalah bagaimana memasuki bawah sadar orang untuk memberikan keyakinan dalam dirinya, bahwasanya apa yang saya presentasikan adalah sangat menarik untuk mereka ikuti atas kemauan mereka sendiri. Singkat cerita, presenasi menurut saya adalah kerjaan mata dan hati kita yang yakin, percaya diri dalam menyampaikan dan tenang dalam penyampaian dan merespon semua yang mungkin diluar dari persiapan kita.

Dalam tulisan ini saya akan berbagi tips presentasi 6 Minggu Bisa yang memunculkan efek yang luar biasa(efek lebih dari yang diharapkan) dengan pendekatan hipnotis, berdasarkan pengalaman-pengalaman yang pernah saya lakukan di berbagai presentasi di berbagai kalangan dan skalanya. Yang akan saya bagi semua rahasia kepada pembaca, agar bisa mempraktekkannya menjadi lebih baik lagi dari penulis.

Cool, Calm, Confident
Lagi-lagi slogan cool, calm, confident ini bukanlah iklan rokok. Tapi inilah sikap yang harus disiapkan dalam presentasi 6 minggu bisa, karena ini adalah modal yang pertama kita miliki dalam presentasi. Dapat kita analogikan, bagaimana bisa orang percaya dengan program yang kita perkenalkan sementara anda juga tidak percaya pada program yang anda jelaskan. Dan akan berimbas pada kepercayaan diri anda untuk menyampaikan. Kepercayaan diri anda adalah kunci anda untuk mampu menghipnotis orang yang mendengarkan anda bicara.

Ada cara simple yang mungkin anda lakukan dalam mempersiapkan rasa Percaya Diri (PD) anda. Yakinkan pada diri anda, orang yang anda hadapi adalah orang yang sejajar keilmuaannya dengan anda atau mereka adalah orang bodoh yang membutuhkan program yang anda sampaikan, mereka sangat menghormati anda seperti menghormati pajabat atau presiden, dan yakinkan pada diri anda mereka adalah orang-orang yang akan mengikuti program yang akan anda jelaskan.

Selanjutnya mungkin anda akan merasa gugup, grogi, dkk. Ketika menghadapi pendengar didepan anda, maka yang perlu anda lakukan adalah dengan menarik dan menghembuskan nafas secara teratur beberapa kali, sampai perasaan anda merasa tenang dan lega. Sebelum anda memulai berbicara atau presentasi, maka lihatlah semua orang yang ada di depan anda  semua. Ucapkan Bismillah secara lirih sebagai tawakal anda untuk memulai pembicaraan.

Tidak kalah pentingnya dan hal yang tidak bisa diremehkan adalah penampilan anda ketika presentasi terutama cara berpakaian anda dan wangi-wangiaan yang anda gunakan. Karena sebelum orang mendengarkan anda bicara, maka pakaian yang anda kenakanlah yang mereka lihat dan nilai, dan aroma tubuh andalah yang tercium dari tubuh anda. Maka penting anda perhatikan gaya rambut anda, warna pakaian anda, sepatu yang anda gunakan, dan parfum yang soft dan menyegarkan. Karena itu adalah memunculkan persepsi cool pada diri anda, sebelum anda presentasi.

Peparing Product Of Knowledge and Soft Skill
Siapkan semua yang terkait dengan pengetahuan anda terkait dengan proram 6 Minggu Bisa. Bisa anda lakukan dengan meruntut apa yang akan anda sajikan. Siapkan materi itu dengan lama waktu penyampaian selama maksimal 15 menit, karena peratian orang kepada penjelasan anda paling lama hanya 15 menit. Selebihnya anda siapkan jawaban-jawaban yang akan mungkin di tanyakan oleh audience setelah penjelasan anda.

Latihlah pelafalan dan pengaturan volume suara anda sebelum presentasi, biasakan untuk melatih pelafalan dan pengaturan volume suara anda di pagi hari dengan melatih huruf-huruf vical seperti; A, I, U, E, O. dengan menggunakan pernafasan dada dan perut. Mintalah teman anda menilai hasil dari latihan anda itu. karena sedikit kata-kata anda tidak jelas dan kurang terdengar jelas atau bahkan volume suara anda terlalu tinggi bagi audience maka, perhatian kepada anada akan berkurang, atau mereka akan kehilangan kesan yang baik terhadap presentasi anda.

Latihlah psikis/kejiwaan/ruhiah anda dengan melakukan ibadah wajib yang rutin seperti sholat lima waktu. Untuk memperkuat energi anada berbicara, maka rutinkanlah untuk mengaji dan mengkaji Al-Qur’an. Karena ini adalah latihan soft skill yang memperkuat mental anda untuk membuat orang merasakan kesan yang baik dan mengikuti aa yang anda bicarakan atau yang anda sampaikan. Disinilah kekokohan dari apa yang akan anda sampaikan kepada audience yang mendengar penjelasan anda. Dan latihan ini yang membuat anda tidak akan merasa kelelahan yang sangat ketika setelah berbicara mempresentasikan program 6 Minggu Bisa, sekalipun anda presentasi empat sampai lima kali atau lebih berbicara di depan audience perharinya.

Trance Conditioning
Setelah semua persiapan presentassi itu anda lakukan, maka selanjutnya yang mengandalkan semua yang anda miliki dari mental dan keintelektualan anda. Karena presentasi yang anda lakukan adalah sama dengan seorang hypnotist yang menghipnotis orang secara masal. Itulah yang anda lakukan ketika anda presentasi didepan audience. Dengan semua bekal yang sudah saya sampaikan diatas, cukuplah untuk anda melakukan presentasi layaknya seorang hypnotist.

Pertamakali yang perlu anda lakukan ketika memulai presentasi, pastikan kondisi mereka siap untuk memperhatikan anda. Tandanya, mereka duduk santai dan mata atau telinga mereka mengarah kepada anda. Selama tanda-tanda itu belum ada, maka lakukanlah hal-hal yan membuat mereka tertarik melihat anda, baik dengan gerakan tubuh anda, maupun dengan suara anda yang sedikit menggebrak pendengaran mereka.

Ketika mereka telah memberikan perhatiannya kepada anda, maka untuk memperkuatnya ajukanlah pertanyaan kepada mereka, semisal menurut anda dalam waktu 6 minggu, anda bisa menguasai bahasa Inggris dengan targetan… bla..bla…? mungkin jawaban yang akan terima dari sebagian besar mereka adalah, ahh.. tidak mungkin mas… bla..bla..kemudian anda lanjutkan memunculkan pertanyaan penguatan lagi, semisal; “jika anda belajar bahasa inggris dalam waktu 6 minggu bisa bahasa inggris tanpa mencatat, tanpa menghafal, tanpa PR, apakah anda yakin bisa? Sebagian mereka akan merespon anda dengan “apalagi tanpa..bla..bla.. itu.. ya gak bisa mas..” jawaban inilah yang familiar saya temui dilapangan, bagi mereka yang sama sekali belum mengetahui program 6 Minggu Bisa.

Dengan pertanyaan ini, walaupun terlihat kita menambah rasa ketidak percayaan mereka pada program 6 Minggu Bisa. Namun sejatinya pertanyaan ini bertujuan untuk meningkatkan ketertarikannya dengan presentasi  anda secara deskriptif yang menjawab pertanyaan itu akan membuat mereka terawang-awang oleh pikiran mereka tentang program ini. Sekaligus menimbulkan hasrat mereka untuk menikuti program ini dan untuk menyarankan kepada teman-teman dan keluarga mereka untuk mengikuti program ini.
Rahasianya adalah, kita akan mudah mempengaruhi orang ketika mereka berada dalam kondisi emosional yang labil yang artinya mereka dalam kondisi kosong yang siap diambil alih emosinya, atau diisi emosinya dengan hal yang berlawanan. Misalnya tadi, ketika anda mengajukan pertanyaan apakah anda yakin dan seterusnya itu, sebagian besar mereka mengatakan tidak mungkin, dimana kata-kata tidak mungkin itu membuat mereka memposisikan diri mereka sebagai orang yang tidak tahu dan tidak bisa. Artinya ini merupakan kondisi yang strategis untuk diambil alih atau disisi pikiran dan emosi mereka dengan presentrasi yang deskriptif tentang product of knowledge ditambah dengan pembawaan kita yang dapat mereka terima dari sisi fisiologis dan verbal kata-kata yan kita bawa dan kita gunakan.


Give Them Half Information
Setelah mereka berada dalam kondisi yang Trance, lanjutkan presentasi deskriptif anda dengan menginformasikan secara deskriptif testimoni-testimoni yang mengindikasikan output dari metode yang diterapkan di program 6 Minggu Bisa, sehingga harapannya merekalah yang akan bertanya tentang metode kampoenk jenius itu sendiri kepada anda. Deskripsikan juga tentang sejarah berdirinya dan visi lembaga. Usahakan jangan lebih dari itu penjelasan itu. Karena usahakan mereka yang berikutnya disesi tanya jawab yang akan menanyakan tentang detail metode pembelajaran dan lain sebagainya. Karena disitulah akan sepintas kita lihat ketertarikan mereka dan sekaligus sebagai evaluasi dari keberhasilan presentasi yang anda lakukan lakukan.

Success Closing of Presentation
Terkadang kita sering lalai terkait dengan closing, karena mungkin kita akan sedikit mengurangi harapannya untuk bisa mengkuti program ini karena hal biaya atau investasi mereka selama mengikuti program 6 Minggu Bisa bagi segmen kelas menengah dan menengah kebawah. Maka hal yang perlu di antisipasi adalah ketika mereka bertanya masalah biaya belajar itu, maka tawarkan semisal “bapak ibu mau dengar penjelasan harga yang free alias gratis, atau harga diskon atau harga sebenarnya yg bisa dicicil?” sebagian mereka akan mungkin menjawab, mereka mau yang gratis dulu untuk anda jelaskan. Maka jelaskanlah dengan lebih mempermudah mereka dalam mendapatkan harga itu.

Dan tidak lupa menrasionalkan harga itu dengan membandingkannya dengan kursus-kursus konvensional yang pastinya dengan kualitas yang sama, harga mereka yang lebih mahal dan waktu yang relatif lebih lama, dan ditambah garansi yang kita berikan. Dan secara teknis, bagikan formulir pendaftarannya.

Dan hal yang penting terakhir adalah, anda harus mempunya contact person mereka semua yang bisa anda hubungi lagi untuk meng konfirmasi kepastian mereka mengikuti program ini, maupun memberi mereka motivasi, dan lain sebagainya. Dan dengan membantu semua kesulitan mereka dalam keinginanan mereka mengikuti program ini sebisa anda memberikan solusinya.

Clossing Address
Jika anda telah melakukan semua tips yang saya berikan, maka saya yakin anda pasti akan sukses memenangkan perperangan marketing ini yang sejatinya adalah perang persepsi antara penjual dan pembel, yang caanya sudah saya paparkan dalam tulisan ini, walaupun tidak semuanyai. Namun jika anda mengalami kesulitan dalam menerapkan Tips ini, anda bisa menghubungi saya dengan SMS atau Telepbone ke nomer ini; 085655503985


COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: HIGH EFFECT with Hypnotizm Approach
HIGH EFFECT with Hypnotizm Approach
http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc7/297803_2048397730913_1273547891_1837596_766892937_a.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/10/high-effect-with-hypnotizm-approach.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/10/high-effect-with-hypnotizm-approach.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy