THE POWER OF SBS (Sang Bintang School) 1st

#SBS Knowledge Management On Becoming World Class Education (Inspired By Why, What, and How) By. Ridho Hudayana Preface Saya kembali tert...

On Becoming World Class Education (Inspired By Why, What, and How)

Preface
Saya kembali tertarik, merenung, dan berbagi, ketika saya membaca buku Grow with Character The Story, Hermawan Kartajaya, yang akhir-akhir ini saya baca. Banyak hal-hal yang praktis yang saya dapatkan. Terutama dalam hal manajemen strategi yang saya kemudian mempertemukannya dengan dunia pendidikan secara umum dan khususnya di Sang Bintang School yang mengusung visi Indonesia Jenius. Salah satunya adalah konsep Why, What, and How di Harvard Business School yang menurut Hermawan, konsep inilah hal yang paling hebat baginya.


Di knowledge management iini saya kembali berbagi tentang apa yang saya baca, renung, dan pengajaran ang saya lakukan dari buku ini dan kemudian saya kembali mengkonversikannya dengan pembelajaran nubuwah.

The Power Of Why
Materi kuliah SBI (Sang Bintang Institute) tadi malam(5 Juli 2011) adalah The Power SBS. saya mengambil tema ini untuk mengajar perkuliahan di SBI adalah dengan tujuan memberikan makna dan hasil yang lebih baik dari dua pilar kemajuan SBS. dimana pilar itu adalah learning process dan financial, yang harus dimiliki setiap instruktur dan tim manajemen.
Sembari meng-copy apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya tentang memaksimalkan semua potensi diri dan jasad mereka untuk dijual kepada Allah dan ditukar dengan syurga seperti yang tertulis di Q.S. Ali Imran ayat 111 Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah?” Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.

Dimana motivasi memaksimalkan semua potensi diri dan jadad mereka untuk dijual kepada Allah dan ditukar dengan syurga ini diimbangi dengan proses pembelajaran yang terbaik dimasa itu hingga hari ini salahsatunya adalah dengan memaparkan kasus dan diskusi yang sarat dengan mengajak para sahabat untuk berfikir dan membarakan semangat didalam dada mereka. Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasul kepada sahabatnya yang disabdakan oleh Allah SWT. Dalam Al-A’raf 176 “Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berfikir.

Motivasi lainnya yang Rasulullah gunakan membuat para sahabat semakin aggressive dan tetap belajar adalah dengan menjadikan mereka sebagai orang-orang yang mengajarkan ilmu dan kemudian mereka tetap belajar.  Dengan demikian mereka siap menjadi pembalajar sejati yang mempercepat kemampuan mereka untuk siap men-dunia, yang menjual diri mereka di jalan Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT. Yang diajarkan oleh Rasulullah di surah Ali Imran 79 “Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: "Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah." Akan tetapi (dia berkata): "Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.





Saya lanjutkan dengan meminta semua mahasiswa SBI untuk menuliskan 10 cita-cita yang paling mereka inginkan. Hal ini saya lakukan untuk membuat mereka merasakan dalam diri mereka yang menjadi alasan yang kuat untuk hidup lebih baik. Karena hari ini adalah milik orang yang memiliki mimpi dan cita-cita besar. Tanpanya mereka akan terlindas oleh rutinitas mereka sebagai instruktur dan tim manajemen yang pekerjannya hanya “ngajar” dan “ngantor”. Melainkan mereka mampu memaknai hidup mereka dengan lebih dari apa yang mereka miliki dan capai saat ini.


To Be Continue... read to THE POWER OF SBS (Sang Bintang School) 2nd

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: THE POWER OF SBS (Sang Bintang School) 1st
THE POWER OF SBS (Sang Bintang School) 1st
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwWRRELVmlqNl-GCCIS9c__1Iq_j2dvcJ_VMqg554GnfAVzum7VH4MZtgK5UakFdWcfP-uzXjsIyMcTw8TQwi6AkGDTibASg6EmeVQeleoFftdQk2PmW6X3vmoFI0ahL2DKtnW_Oow60bi/s400/photofacefun_com_bLNCVIIHl.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwWRRELVmlqNl-GCCIS9c__1Iq_j2dvcJ_VMqg554GnfAVzum7VH4MZtgK5UakFdWcfP-uzXjsIyMcTw8TQwi6AkGDTibASg6EmeVQeleoFftdQk2PmW6X3vmoFI0ahL2DKtnW_Oow60bi/s72-c/photofacefun_com_bLNCVIIHl.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/07/power-of-sbs-sang-bintang-school.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/07/power-of-sbs-sang-bintang-school.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy