Sabtu, 30 Juli 2011

Adding Ideas Adding Motivation

#Indonesia Jenius
Genius Community’s Cirebon,   On Wednesday 27 July 2011
By. Ridho Hudayana

Good News (Why?)
Semuanya selalu memiliki alasan yang kuat untuk bersikap dan bertindak. Seperti Allah SWT. Yang memiliki alasan-alasan itu di Firman-Nya Al-A’raaf Ayat 52.  Dan Sesungguhnya kami Telah mendatangkan sebuah Kitab (Al Quran) kepada mereka yang kami Telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami[1]; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.[1]
Dan kita seharusnya selalu memiliki alasan setiap semua kativitas yang kita lakukan seperti yang kali pertama diajarkan oleh Rasulullah melalui haditsnya, seperti ;  Dari Amirul Mu’minin, (Abu Hafsh atau Umar bin Khottob rodiyallohu’anhu) dia berkata: ”Aku pernah mendengar Rosululloh shollallohu’alaihi wassalam bersabda: ’Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya. Oleh karena itu, barangsiapa yang berhijrah karena Alloh dan Rosul-Nya, maka hijrahnya kepada Alloh dan Rosul-Nya. Dan barangsiapa yang berhijrah karena (untuk mendapatkan) dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya itu kepada apa yang menjadi tujuannya (niatnya).’” (Diriwayatkan oleh dua imam ahli hadits; Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrohim bin Mughiroh bin Bardizbah Al-Bukhori dan Abul Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusairy An-Naisabury di dalam kedua kitab mereka yang merupakan kitab paling shahih diantara kitab-kitab hadits)[2]
Begitu pula apa yang saya dengan landasan dan niat yang kuat, saya dan Tim dalam menindak-lanjuti kerisauan dan kegelisahan yang dialami oleh hampir semua angkatan di Kampoenk Jenius 6 Minggu Bisa yang telah eksis menjeniuskan Indonesia kurang lebih selama 6 tahun, seperti:

6 tahun sudah saya (Mr. Yunsirno) berjibaku di Sang Bintang School, saya menemukan beberapa hal berikut: 1. Banyak orang bingung mencari lembaga yang bagus untuk belajar bahasa Inggris, sementara mereka ragu dengan iklan SBS yang bombastis. 2. Di sisi lain, tim marketing SBS sering bingung dimana mencari peluang pemasaran yang bagus, 3. Banyaknya alumni yang berhasil dan puas, tapi setelah itu yah hilang begitu saja, 4. Banyaknya alumni yang tidak tahu akan diapakan bahasa Inggris mereka. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya bahasa Inggris mereka sedikit demi sedikit hilang. 5. Banyak yang mendukung visi misi Sang Bintang School, tapi mereka tak tahu harus berbuat apa, 6.Tidak sedikit alumni yang gagal dalam proses 6 Minggu Bisa! namun mereka tidak menyalahkan SBS, tapi menyalahkan diri sendiri dan bahkan tetap merekomendasikan ke orang lain. 7. Banyak orang yang bingung mencari peluang bisnis atau mencari pekerjaan. 8. Banyak guru bingung bagaimana cara mengajar efektif, dan murid merasa senang. 9. Banyak siswa juga bingung bagaimana memiliki motivasi belajar dan metode yang baik[3]
Setelah PUSDIKLAT Nasional ke-2 di Cirebon, saya memulai lebih memasifkan lagi memacu cepatnya visi Indonesia Jenius dengan mengambil bagian di Community Management(CM) yang mengelola Genius Community (GC). Dikarenakan  Pembentukan GC yang didasarkan oleh dasar-dasar yang jelas dan niat yang tulus untuk membangun Proyek besar Peradaban di Indonesia.
Hal-hal diatas-lah yang membuat saya kembali terlibat di garda depan Pioneer dalam bentuk baru yang konsisten pada pem-bumian visi Indonesia Jenius, yang saya mulai di kota Cirebon Jawa Barat, sejak tanggal 7 Juli 2011 yang lalu sampai saat ini, saya masih menetap di Cirebon untuk terus menjadikan belajar adalah kebahagiaan dan berbagi adalah kenikmatannya, dengan berbagai program di GC untuk semua Alumni Sang Bintang School (SBS),  sebagai persembahan terbaik dari SBS yang  akan menjadi  salah satu POWER HOUSE of Indonesia jenius.
Dan mengingat Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki Alumni SBS yang responsif dengan kebutuhan belajar dan mengajar yang terbukti dengan belum genap 1 tahun berdiri namun sudah menghasilkan lebih dari 150 alumni. Yang hari ini 10% diantara mereka datang di “Work Plan” Genius Community. Dan mereka semua masih ingin belajar dan ber-sosialisasi yang ditandai dengan IDE baru mereka mengenai program GC Activity, yang akan saya bahas selanjutnya.
Dan alasan-alasan itu pula yang membuat saya akan menyebarkan berita gembira ini untuk para Manajer cabang SBS se-Indonesia yang ingin mengoptimalkan pelibatan dan partisipasi alumni SBS untuk mengakomodir gerakan Indonesia Jenius, yang masih setia dan terus menerus menjadi pembelajar sejati yang “kaya” dengan ilmu yang diterapkannya. Dengan menguatkan visi Indonesia Jenius, para alumni yang tergabung dalam genius community mengusung misi di hati dan pikirannya untuk menjadi aktivis Indonesia Jenius, dan membantu pembentukkan 1000 cabang Sang Bintang School.

Please Wellcome to Activies of GC (What?)
Sebagaimana misi dari GC, menjadikan semua alumni adalah aktifis Indonesia Jenius, yang mendukung terwujudnya Indonesia Jenius yang berciri khas “English dan Teaching by Heart, Learning by Mind”. Yang dilatarbelakangi oleh beberapa hal tadi yang dipaparkan diatas, dengan fokus 2 agenda GC memiliki dua agenda yaitu kelas berbasis slide dan komunitas marketing berbasis rekening yang maka melahirkan 11 kegiatan, yang awalnya hanya ada 8 kegiatan utama yang saya tawarkan ke GC Cirebon, namun mereka yang bersemangat ingin  menambahkannya dengan 3 kegiatan lagi, yaitu; Study Tour, Majalah Alumni, dan Jambore alumni. Dimana bagi mereka kegiayan study tour, majalah alumni, dan jambore alumni adalah penting untuk menguatkan bahasa inggris dan komunitas alumni SBS.
Apasajakah kegiatan genius community itu? Inilah kegiatan mereka :
  1. Genius Community’s Slide
  2. Be Trainer of Keajaiban Belajar
  3. Pembukaan Cabang Klub Jenius
  4. Pembukaan In House Training dan Out House Training
  5. Rekruitment Peserta untuk Kelas 6 Minggu Bisa Reguler
  6. Menjadi Instruktur (6 MB dan KJ)
  7. Marketing Buku Keajaiban Belajar
  8. Menyelenggaraan Training Keajaiban Belajar Institusi
  9. Membuat Majalah Alumni
  10. Study Tour
  11. Jambore Alumni Nasional
Inilah sebelas kegiatan yang mereka ingin laksanakan, yang insyaAllah akan kita buka dengan seminar akbar Keajaiban Belajar dengan 3000 peserta! Disetiap daerah. Terutama diawali d Cirebon ini. Akan menjadi model untuk Genius Community selanjutnya di semua cabang SBS se-Indonesia.
Apa sajakah yang bisa kita lakukan dengan seminar akbar 3000 peserta? Paling tidak ada 4 agenda utama yang akan kita sasar dalam kegiatan ini, pertama, membuka peluang minimal 10 investor klub jenius, kedua, Penawaran training keajaiban belajar premium, ketiga, penjualan buku keajaiban belajar, keempat, rekrutmen 6 Minggu Bisa kelas reguler dan IHT/OHT.

Start the Planning by Easy Instrument, for MultiEffect result! (HOW?)
Dari sebelas agenda atau aktivitas yang akan dilakukan alumni tadi, National Community Management. Telah menyediakan beberapa instrumen pendukung yang saya sebut dengan Starter Kit, yang berfungsi untuk membantu mempermudah dan membimbing member Genius Community melakukan aktivitas-aktivitasnya, seperti yang dipaparkan sebelumnya.
Starter Kit yang akan diberikan ketika member Genius Community melakukan registrasi, adalah sebagai berikut :
  1. 2 buku Keajaiban Belajar
  2. 1 Buku Panduan Genius Community
  3. 1 Kartu ATM & Buku Tabungan BRI Syari’ah (Sebagai Kartu Keanggotaan GC)
  4. 1 Pack Kartu Nama (Bussiness Name Card)
Instrumen ini adalah instrumen yang dasar, untuk memulai aktivitas di Genius Community, yang pada dasar kegiatannya adalah kelas “English” berbasiskan slide dan kelas marketing berbasiskan rekening.
Untuk pengecekan semua aktivitas Genius Community ini sangatlah mudah, apakah aktivitas-aktivitas didalamnya dilakukan atau tidak, adalah dengan mengecek slide yang di upload di slide share, sebagai bukti berjalannya program Genius Community’s Slide. Dan untuk mengecek kelas marketing berbasiskan training adalah dengan mengecek pertambahan rekening mereka via rekening koran. Sehingga dari jarak jauh pun saya bisa mengontrolnya, selain mengontrolnya via laporan yang diuat oleh Local Community Management/kordinator Genius Community disetiap daerah di Indonesia.
Dan agenda penggebrak dari semua aktivitas Genius Community untuk pertama kali adalah pelibatan mereka untuk mengadakan seminar akbar Keajaiban Belajar untuk pertama kali di Cirebon dengan target peserta 3000 orang di bulan romadhan ini. Semoga Allah memberikan kemudahan dalam usaha menjeniuskan Indonesia di bulan penuh kemulian, bulan ramadhan ini, dengan tetap meningkatkan ibadah utama di bulan ramadhan ini. Aamiin ya rabb.


[1] ]  Maksudnya: atas dasar pengetahuan kami tentang apa yang menjadi kemashlahatan bagi hamba-hamba kami di dunia dan akhirat.
[2] Sumber: Ringkasan Syarah Arba’in An-Nawawi - Syaikh Shalih Alu Syaikh Hafizhohulloh - http://muslim.or.id
Penyusun: Ustadz Abu Isa Abdulloh bin Salam (Staf Pengajar Ma’had Ihyaus Sunnah, Tasikmalaya)

[3] Hal. 68 Community Management(CM), Membangun Alumni, Simpatisan, dan Bangsa Sekaligus,Jurnal Indonesia Jenius No. 4/ Cawu 2/ 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
;