Professional Multi-Colaborration Learning

Professional Multi-Colaborration Learning (Pro-Murni) By. Ridho Hudayana Quotes ”…… maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahu...

Professional Multi-Colaborration Learning (Pro-Murni)
By. Ridho Hudayana

Quotes
”…… maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,” (An-Nahl: 43)
“Cara mudah anda untuk mencapai puncak gunun tertinggi adalah dengan belajar kepada orang yang telah pernah mencapai puncak itu sebelumnya” (Tung Dessem Waringin)
“Belajarlah dari yang terbaik, terapkan, dan rayakan dengan berbagi lebih banyak kepada orang lain” (Ridho Hudayana)

Preface
Banyak hal yang menarik dari sistem pembelajaran orang-orang terdahulu ketika ia memutuskan untuk belajar atau mulai mendalami suatu ilmu. Dikarenakan minat, cita-cita, bakat dan dikarenakan lain sebagainya. Mereka menuntut ilmu langsung pada orang yang benar-benar ahli dan praktisi dalam bidang itu. Sekalipun mereka harus meninggalkan negeri itu dan kemudian melakukan perjalanan untuk mendapatkan ilmu itu dari seorang guru yang benar-benar ahli dalam keilmuaan yang diminati. Dan ia belum pulang jia belum menguasai ilmu yang dipelajarinya dari sang guru itu. Bahkan mungkin ia tidak kembali dan mengembangkan ilmu di tempat ia belajar tadi.
Mari kita lihat pendidikan dizaman dahulu pada zaman khalifah Umar bin Khattab Pada saat pemerintahannya, secara khusus Umar mengirimkan petugas khusus ke berbagai wilayah Islam untuk menjadi guru di daerah tersebut. Para petugas khusus ini biasanya bermukim di masjid dan mengajarkan tentang Islam kepada masyarakat, melalui halakah-halakah majelis khusus untuk menpelajari agama. Majelis ini terbuka untuk umum.
Setelah masa umar dan para sahabat maka model yang dikembangkan adalah Nizamiyah di Baghdad, Al-Azhar di Mesir, al-Qarawiyyin di Fez, Maroko, dan Sankore di Timbuktu, Mali, Afrika. Masing-masing lembaga ini memiliki sistem dan kurikulum pendidikan yang sangat maju ketika itu. Dari beberapa lembaga itu, berhasil melahirkan tokoh-tokoh pemikir dan ilmuwan Muslim yang sangat disegani. Misalnya, al-Ghazali, Ibnu Ruysd, Ibnu Sina, Ibn Khaldun, Al-Farabi, al-Khawarizmi, dan al-Ferdowsi.
Misalnya madrasah-madrasah nizhamiyah. Kurikulumnya berpusat pada Alquran (membaca, menghafal, dan menulis), sastra Arab, sejarah Nabi SAW, dan berhitung. Sistem pengajarannya menitikberatkan pada mazhab Syafi'i dan paham Asy'ariyah (aliran teologi yang menerima argumen rasional, namun percaya penuh kepada dalil-dalil wahyu--Red) yang berkembang dan dianut saat itu. Sistem belajar yang diterapkan di madrasah nizhamiyah adalah pengajar berdiri di depan ruang kelas menyajikan materi-materi kuliah, sementara para pelajar (mahasiswa) duduk dan mendengarkan penjelasan di atas meja-meja kecil (rendah) yang disediakan. Kemudian, proses belajar dilanjutkan dengan berdialog (tanya-jawab), antara dosen dan para mahasiswa mengenai materi yang disajikan dalam suasana semangat keilmuan yang tinggi.
Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, seorang tenaga pengajar di nizhamiyah selalu dibantu oleh dua orang mahasiswa (asistensi). Kedua orang mahasiswa inilah yang bertugas membaca dan menerangkan kembali kuliah yang telah diberikan kepada mahasiswa yang ketinggalan.Status tenaga pengajar (dosen) di madrasah tersebut berdasarkan pengangkatan dari khalifah dan bertugas dengan masa tertentu. Di antara nama-nama besar yang mengabdikan dirinya sebagai tenaga pengajar di madrasah nizhamiyah adalah Syekh Abu Ishaq asy-Syirazi (seorang fakih Baghdad), Syekh Abu Nasr as-Sabbagh, Abu Abdullah at-Tabari, Abu Muhammad asy-Syirazi, Abu Qasim al-Alawi, at-Tibrizi, al-Qazwini, al-Fairuz Abadi, Imam al-Haramain Abdul Ma'ali al-Juwaini, dan Imam al-Ghazali. Nizam al-Mulk terus berusaha mengembangkan lembaga pendidikan ini sesuai dengan tuntutan zaman. Ia mendirikan banyak madrasah nizhamiyah di berbagai tempat. Agar pengajar bisa berkonsentrasi secara penuh mengajar para siswa, Nizam al-Mulk menetapkan untuk memberi gaji setiap bulan bagi semua pengajar. Namun, kebijakan mengenai gaji ini belum bisa diterima oleh para pengajar di madrasah nizhamiyah.
Para pengajar ini lebih suka mengajar tanpa digaji, tetapi kesejahteraan hidup mereka terjamin. Bagi para dosen, gagasan untuk menggaji guru pada masa itu dipandang sebagai suatu gagasan yang terlalu maju. Bahkan, menurut Charles Michael Stanton, madrasah nizhamiyah merupakan perguruan Islam modern yang pertama di dunia. Hal ini juga diakui oleh Nakosteen yang menyatakan, madrasah nizhamiyah sebagai Universitas Ilmu Pengetahuan Teologi Islam. Sebab, madrasah nizhamiyah mengajarkan pendidikan yang lebih khusus dengan spesifikasi bidang teologi dan hukum Islam.
Meski demikian, kurikulum yang digunakan di madrasah nizhamiyah ini terdapat pula perimbangan yang proporsional antara disiplin ilmu keagamaan (tafsir, hadis, fikih, kalam, dan lainnya) dan disiplin ilmu aqliyah (filsafat, logika, matematika, kedokteran, dan lainnya). Bahkan, saat itu, kurikulum nizhamiyah menjadi kurikulum rujukan bagi institusi pendidikan lainnya. Kemudian, lembaga pendidikan Islam ini makin berkembang pada masa pemerintahan Khalifah al-Ma'mun. Pada 815 M, al-Ma'mun mendirikan Baitul Hikmah yang berfungsi sebagai perpustakaan, ruang kajian, dan observatorium (laboratorium).
Menurut M Khoirul Anam, seorang pengamat pendidikan dalam artikelnya yang berjudul Melacak Paradigma Pendidikan Islam (Sebuah Upaya Menuju Pendidikan yang Memberdayakan) menyebutkan, Baitul Hikmah belum dapat dikatakan sebagai sebuah institusi pendidikan yang sempurna. Sebab, sistem pendidikan masih sekadarnya dalam majelis-majelis kajian dan belum terdapat 'kurikulum pendidikan' yang diberlakukan di dalamnya. Institusi pendidikan Islam yang mulai menggunakan sistem pendidikan 'modern' baru muncul pada akhir abad X M dengan didirikannya Perguruan (Universitas) al-Azhar di Kairo oleh Jendral Jauhar as-Sigli seorang panglima perang dari Daulat Bani Fatimiyyah--pada tahun 972 M. (Republika, Rabu, 08 Juli 2009,)
Dari perjalanan pendidikan ini terlihat kolaborasi-kolaborasi para ahli dalam bidangnya melakukan pembelajaran di madrasah-madrasah nizhamiyah, dan semangat mereka mengikuti madrasah itu. Inilah sebuah peradaban yang mengembangkan keilmuan menjadi tiang yang kokoh, karena semua orang bisa belajar dari orang yang ahli dan mau berbagi ilmunya tanpa gaji, hanya dengan kesejahteraannya dari negara saja dan dari karya dari penerapan ilmunya.
Pembelajaran inilah sebenarnya yang layak untuk dikembankan pada saat ini. Namun masih sedikit sekali lembaga tau institusi yang melakukannya, karena mungkin dikarenakan pembelajaran saat ini terkesan formalitas yang melahirkan tidak sedikit orang yang menganggur dan bingung dengan masa depannya. dan sedikit diantaranya orang yang kreatif dan kompeten.
Sekalipun sudah banyak bukti dari zaman terdahulu sampai saat ini. Dari sistem pembelajaran sebagaimana dipaparkan diatas dan dalam tulisan ini penulis ingin berbagi suatu metode pembelajaran yang akan membuat orang didalamnya belajar lebih cepat, lebih menyenangkan dan lebih hebat. Dengan kemauan yang keras dan pengorbanan yang lebih besar tentunya

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Professional Multi-Colaborration Learning
Professional Multi-Colaborration Learning
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxW45iEKk2_eGLmL4dqH_latcpILWiybOn-aTXfBJUJfakEZeh9z3x6J9qPeSsPSeBtd_BL2H3nQTXmf_ZQO2QMINRTXU5NYjJBGJwsTHOTRdKvaebv-6IbmrERCQc5ZcaIY_qTJKPiIrV/s320/33.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxW45iEKk2_eGLmL4dqH_latcpILWiybOn-aTXfBJUJfakEZeh9z3x6J9qPeSsPSeBtd_BL2H3nQTXmf_ZQO2QMINRTXU5NYjJBGJwsTHOTRdKvaebv-6IbmrERCQc5ZcaIY_qTJKPiIrV/s72-c/33.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/04/professional-multi-colaborration.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/04/professional-multi-colaborration.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy