Manajemen Konflik Dengan Romantisme

By. Ridho Hudayana, S.Psi Sepulang perperangan yang melelahkan dan menyisakan keletihan sembari beristirahat sejenak disuatu te...



By. Ridho Hudayana, S.Psi

Sepulang perperangan yang melelahkan dan menyisakan keletihan sembari beristirahat sejenak disuatu tempat sebelum sampai kampung halaman, pasukan bersama panglima perangnya berhenti sejenak untuk menikmati sisa bekal dan menyegarkan kembali tubuh mereka yang diliputi kelelahan itu sebelum malam menyelimuti mereka semua.

Didalam kondisi fisik yang lelah itu, terjadi insiden yang tidak disengaja untuk bersenggolan dan kemudian diikuti dengan kata-kata sindiran dan ditambah lagi ada musuh dalam selimut yang memperuncing ketersinggungan antara dua pihak ini, mengingat pasukan ini terdiri dari dua kelompok yang berbeda dan disatukan oleh satu misi. Dengan adanya musuh dalam selimut yang memperuncing masalah “senggolan” dan “sindiran” kecil ini, menjadi besar karena musuh dalam selimut menambah-nambah permasalahan kecil menjadi besar, dan nyaris saja kedua kelompok ini saling berbunuh ditempat itu.

Tapi syukurnya tidak sampai berbunuh, keributan kecil yang segera akan menjadi besar itupun didengar dan direspon oleh sang pemimpin yang sangat piawai dalam menangani konflik dalam pasukan perangnya. Walaupun sang panglima sudah disarankan oleh sahabatnya untuk membunuh sang pembuat runcing masalah kecil itu, tapi Dengan sigap sang panglima sebagai pemimpin pasukan langsung memerintahkan untuk elimnir sang musuh dalam selimut dari pasukan tanpa memunuhnya, hanya agar pasukan kembali bisa dikendalikan dan sang panglima langsung memerintahkan semua pasukannya melanjutkan perjalanan yang tidak jauh lagi sampai ke kampung halaman dan markas besar mereka, dimana mereka dilatih dan dipersaudarakan disana untuk menjadi pasukan yang tangguh.

Perjalananpun dilanjutkan dan sesampai ditempat tujuannya, maka kelelahan itupun langsung menuntut untuk melupakan sementara semua permasalahan yang terjadi sebelumnya itu, sehingga semua pasukan pun kembali ke masing-masing rumah mereka untuk langsung beristirahat. Dan ke esokan harinya semua pasukan kembali dikumpulkan dan barulah permasalahan yang sebenarnya kecil namun sempat mengancam keutuhan pasukan itupun diurai dengan sangat mudah dan simpel, yakni sang panglima hanya mengingatkan tujuan mulia mereka, dan mengingatkan mereka bagaimana kali pertama mereka disatukan, tanpa banyak kata-kata, namun tempat kota itulah yang seolah berbicara tentang pentingnya mereka bersatu dan memiliki kekuatan yang nyaris tak terkalahkan. dan sampai disini permasalahan yang meruncing itupun terpentalkan
Kisah ini tentu tanpa saya lanjutkan membahasnya, pasti anda telah memiliki pandangan bagaimana memanajemen konflik dengan cara yang sangat simpel tanpa pertumpahan darah atau paling tidak berkepanjangan. Namun paling tidak dari kisah diatas kita bisa mengambil beberapa pelajaran mengelola konflik dari sisi psikis atau kejiawaannya, karena yang berkonflik itu adalah manusia sebagai faktor penting dalam organisasi dan dalam kehidupan sehari-hari.

Kondisi Fisik Yang Lelah Mudah Memicu Konflik
Dalam kisah ini, kondisi pasukan adalah dalam kondisi yang lelah sehabis perang fisik, maka secara hirierki kebutuhan dalam teorinya Maslow, maka kondisi lelah secara fisik ini adalah kebutuhan manusia yang utama harus dipenuhi terlebih dahulu, sebelum kebutuhan rsa aman, kasih sayang, penghargaan dan aktulisasi diri manusia.

Sehingga sangat strategis bagi sang panglima untuk memutuskan melanjutkan perjalanan kenapa? Mnurut saya memang supaya kondisi fisik mereka benar-benar lelah, sehingga mereka tidak sempat lagi berfikir kebutuhan lainnya selain kebutuhan fisik mereka yang harus dipenuhi dengan beristirahat secara maksimal dan harus ditempat yang membuat mereka merasa nyaman yaitu dirumah mereka masing-masing.

Akan kebayang kalau pemimpin itu tidak mengambil keputusan untuk beristirahat ditempat itu, maka konflik un akan berlanjut dan kondisi fisik pun tidak terpenuhi, maka ini adalah situasi yang sangat berbahaya. Dalam perusahaan tentu sudah diatur jam istirahat kerja serta beban kerja mereka masing-masing, karena kalau dilanggaar maka kelelahan dan dipancing dengan konflik maka tidan mucul kemungkinan prilaku anarkis akan muncul.

Maka apa pun organisasi atau perusahaan yang anda pimpin jangan sampai terlalu menguras kondisi fisik anggota atau karyawan anda, karena dikhawatirkan ketika terjadi ketersinggungan sedikit bisa berakibat fatal bagi organisasi atau perusahaan yang anda pimpin, maka saran saya lakukan riset tingkat kelelahan anggota atau karyawan anda dan kemungkinan konflik.

Jika Terjadi Konflik Jangan Reaktif Namun Efektif
Sang panglima diatas tidak langsung reaktif mengikuti saran dari orang dekatnya untuk membunuh sang peruncing alias musuh dalam selimut yang hampir mengadu domba dua pasukan yang kuat itu, namun tetap san peruncing masalah itu harus dipisahkan dari barisan pasukan, sampai di rumah mereka masing-masing yang sekaligus markas mereka.

Disini sangat terlihat bijaknya sang panglima dan itu harus pemimpin di organisasi maupun diperusahaan untuk mengikuti strategi yang efektif dan tidak reaktif, karena kalau masalah itu langsung diselesaikan dengan reaktif, maka sungguh perkataan sang panglima tidak akan terlalu efektif untuk menyelesaikan konflik, apalagi dengan reaktif membunuh musuh dalam selimut itu, maka akan membuat kondisi semakin mencekam.

Maka keputusan yang sangat tepat adalah melanjutkan perjalanan sampai tempat yang dituju dulu dan betul sampai tubuh mereka maksimal merasakan lelah dan dipenuhi dulu kebutuhannya, barulah esoknya setelah kondisi tubuh segar, maka pikiran agak lebih jernih. Maka selanjutnya dalam manajemen konflik ini adalah.

Ciptakan Suasana yang Romantis
Maksudnya, sang pemimpin tau bagaimana kata-kata yang simpel menjadi powerful adalah tergantung dari tempat juga dimana dia mengatakannya, maka memang tepat sang panglima menyelasikan masalah itu ditempat dimana dua kelompok ini pernah disatukan kali pertama  dan tempat dimana mereka selalu saling tolong menolong dan dilatih menjadi satu tim, dan tentunya mereka saling bekorban dengan satu dengan yang lainnya.

Maka jika terjadi konflik yang membuat orang lupa hubungannya antara satu dan lainnya, cara paling mudh yang dicontohkan sang panglima adalah selesaikan konflik itu ditempat dimana mereka punya kenangan yang indah dan susasna romantis itupun membuat permasalahan besar jadi kecil, apalagi permasalahan kecil, maka sudah tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Dan menurut saya dari kisah ini 3 poin jenius inilah yang sangat berharga untuk kita cermati dalam setiap konflik yang kita hadapi yang cakupannya personal, organisasi, perusahaan, maupun yang lebih besar dari itu. Tentu konflik pasti akan berakhir dengan indah dan lebih produktif.
sebuah kisah yang dikisahkan diatas, saya intisarikan dari peristiwa pasca pasukan kaum muhajirin dan anshor pulang dari perperangan melawan bani musthaliq dan peprperangan itu langsung dipimpin oleh panglima terbesar dalam sejarah peradaban umat manusia, yaitu Nabi Muhammad saw. Wallahu’alam bishowwab.

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Manajemen Konflik Dengan Romantisme
Manajemen Konflik Dengan Romantisme
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnAWTIbHMTvaIlZA1EX1NrUfRwABE_RlVP0yrPfNRsvZuycCII5KmqTYwu_G3qIiett6dvRiNB-YVxzDoVWdgrvH3FsUakYYfsAdlYsYapvbY6ZuA-tTOXsit3NKDXybyOu4j8qfAQOcY/s320/1492812995966.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjnAWTIbHMTvaIlZA1EX1NrUfRwABE_RlVP0yrPfNRsvZuycCII5KmqTYwu_G3qIiett6dvRiNB-YVxzDoVWdgrvH3FsUakYYfsAdlYsYapvbY6ZuA-tTOXsit3NKDXybyOu4j8qfAQOcY/s72-c/1492812995966.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2018/01/manajemen-konflik-dengan-romantisme.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2018/01/manajemen-konflik-dengan-romantisme.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy