Membaca, Menulis, dan Melatih 365 Hari

By. Ridho Hudayana Apa yang akan anda jawab jka ada yang bertanya pada anda, pekerjaan apa yang anda sukai? Mungkin kalau anda ...



By. Ridho Hudayana

Apa yang akan anda jawab jka ada yang bertanya pada anda, pekerjaan apa yang anda sukai? Mungkin kalau anda menjawabnya dengan otak “reptil”, kira-kira jawabannya begini; “saya mau kerja yang tidak banyak bekerja, tidak beresiko, dan menghasilkan uang yang banyak”, karena sebagian besar manusia adalah orang yang akan menjauhi kesengsaraan dan mendekati kenikmatan. Dan itu sah-sah saja, tapi permaslahannya sering nimat yang dibayangkan, tidak banyak terwujud dalam kehidupan, karena senikmat-nikmatnya kita rasakan hidu didunia ini, pasti kita merasakan kesengsaraan hidup. Walaupun sebentar saja.

Namun, Kalau ada yang bertanya pada saya, pekerjaan apa yang menyenangkan untuk saya kerjakan, maka saya akan menjawab 3 hal; Membaca Buku dan Orang, Menulis emosi, inspirasi dan peristiwa, dan Melatih orang untuk Hidup dan Kehidupannya. Tiga hal inilah yang menurut saya sangat menyenangkan dan sengsaranya banyak juga, diantaranya saya akan menyesal, sedih, malu, dll. Jika saya lalai dan tidak mengerjakan 3 hal yang bagi saya kenikmatan itu.

Paradox Masa Kecil
Ibu saya, sang pahlawan dalam hidup saya, mengingatkan saya akan cerita masa kecil saya, yang tidak mau sekolah, dengan alas an yang berbeda-beda setiap kali ditanya. Dan ibu saya berujar dalam dialek melayu “nak.. nak.. siape nyangke dek dho(saya) bisa S1, kalau ingat dulu’ dek dho tu, ndak mao’ sekolah, padahal ibu nie guru” ya itulah perjuangan bu saya yang meyakinkan saya sekolah itu “nikmat” dan Alhamdulillah, saya sangat menikmatinya. Dan membuat saya sampai saat ini merasakan kenikmatan belajar dimanapun dan dari siapapun.

Ketika saya duduk dibangku sekolah, saya jauh dari sebutan kutu buku, walaupun kerap kali juara satu di kelas, namun saya adalah orang yang sangat malas membaca, kok bisa? Ya karena setiap ulangan umum akan digelar, maka solusinya saya minta ibu saya membacakan buku pelajaran yang akan menjadi bahan ulangan besok. Namun hari ini membca bagi saya adalah hal yang sangat menenangkan dan menenangkan dalam hidup saya.

Ketika di sekolah menengah pertama, Pelajaran yang membuat saya agak enggan mempelajarinya dari pelajaran Bahasa Indonesia adalah menulis karangan, karena tidak tau apa yang mau saya tulis. Dan saya sangat menjauhi diskusi dan berbicara di depan orang banya, karena itu membuat saya malu dan tidak bisa berkata-kata. Dan hari ini, saya sangat ingin hari-hari saya, saya isi dengan berdiskusi, berbicara diseminar-seminar dan melatih orang disekitar saya.

Dan di tahun 2014 ini, saya akan terus focus dengan apa yang saya senangi tadi, supaya tahun 2014 ini penuh dengan kesenangan yang membahagiakan hidup dan menjadi saksi ketika di hari perhitungan amal di akirat kelak, semuanya menjadi pemberat amal kebaikan, InsyaAllah.

Membaca Buku dan Orang Membaca Buku dan Orang
Saya yang dulunya malas membaca dan berteman juga dengan teman yang malas membaca, jadi komplit bagi saya untuk terus tidak membaca, namun saya menjadi pecundang dulu sebelum menjadikan Islam sebagai jalan hidup, melainkan hanya Islam dalam ibadah dan seremonial saja. Tapi…

Beruntunglah saya dan anda yang saat ini menjatuhkan pilihan Islam sebagai jalan hidup ini. Karena hanya Islamlah yang kitab sucinya Al-Qur’anul Kariim, yang pertama kali mewajibkan ummatnya untuk membaca. Ini berarti pesan kepada kita untuk menguasai hidup kita, dan mempermudah hidup kita adalah dengan membaca.
Dalam arti sempitnya membaca dimaksudkan membaca tulisan, seperti kebayakan kita melakukan aktivitas membaca, bisa majalah, buku, dan lain sebagainya. Yang di tahun ini saya targetkan mampu membaca 356 buku selama tahun 2014 ini insyaAllah. Karena saya menyadari betul ketika menurut pencatat judul buku yang terbit setiap tahunnya, ada lebih dari 1 juta judul? Pertanyaannya berapa buku yang telah anda baca?
Selain itu memang, bagi saya membaca buku membuat hidup terasa mudah dan menenangkan. Karena banyak ilmu yang dibahas dalam buku yang say abaca, dan coba saya terapkan dan juga turut mengajak orang lain untuk menerapkannya, Bagaimana dengan anda?

Dan dalam makna yang luas adalah membaca apa yang ada dialam semesta, dan dari semua hal yang ada di alam semesta yang senang saya baca adalah manusia alias orang, karena oranglah yang mengelolah alam semesta ini dan berperan yang signifikan, maka melalui membaca orang ini, saya mampu mempredisikan masa depan. Dan dengan membaca orang saya menjadi lebih terampil dalam membantu orang untuk menyelesaikan permasalahannya dengan cara terbaik yang dimilikinya. Menarik bukan?
                                                 
Menulis emosi, inspirasi dan peristiwa
Saya dulu di Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang yang sangat tidak menyenangi menulis berformat karangan, karena tidak tahu apa yang harus saya ceritakan. Walaupun sempat di SMP saya menulis, namun saya lebih banyak menulis puisi dan sedikit pantun. Entah kenapa saya juga heran, saya bisa menulis puisi, namun setelah saya piker-pikir saya itu romantic ya.. haha.. narsis. Bukan tapi ternyata seharusnya yang paling mudah kita tuliskan adalah apa yang kita rasakan alias apa yang ada di emosi kita yang begitu memuncak. Bagaimana dengan anda?

Sekali lagi, beruntung sekali saya, anda dan kita semua yang menjatuhkan pilihan hidup kita dalam Islam. Karena hanya Islamlah yang menamai salah satu surah dalam kitab sucinya Al-Qur’anul kariim dengan nama PENA alias Al-Qolam. Dan apa fungsi pena? Ya, untuk menulis. Dan bagi saya menulis adalah seni menata jiwa dan menata nafas kehidupan. Karena ketika kita mampu merangkai kata, menjadi kata yang kuat dan menunjukkan optimisme hidup, maka kesuksesan tinggal selangkah lagi, yaitu dengan perbuatan.

Maka saya bertekad untuk lebih sering menulis yaitu 365 tulisan dalam tulisan, itu artinya di tahun 2014 ini saya bertekad untuk merayakan hidup dengan menuliskan semua yang ada di emosi saya, dan semua hal yang bisa menginspirasi baik melalui peristiwa maupun perjalan hidup saya dan orang lain yang hebat. Sebagaimana Rektor saya Pak Imam Suprayogo di Universitas Islam Negeri Malang dulu melakukannya. Beliau yang kesehariannya sibuk saja bisa menulis setiap hari, hingga hari ini? Bagaimana dengan kita?

Melatih Orang untuk Hidup dan Kehidupannya
Pernahkah anda temui orang yang hidup tapi tidak punya tujuan dan semangat hidup? Atau anda juga pernah mengalaminya, tidak punya tujuan dan semangat hidup? Sebenarnya itulah secara singkat saya katakan orang yang mai sebelum kematian itu datang, why? Ya karena, orang hidup itu butuh tujuan supaya bisa mengatur, menyelamatkan dan membuat hidupnya lebih sukses. Dan hidup ini butuh semangat, karena semangatlah membuat orang tidak mudah menyerah dan terus bahagia dalam hidupnya.

Bekali-kali lah saya, anada dan kita semua yang selalu menjadikan Islam sebagai jalan hidup. Karena semua hal yang kita butuhkan untuk hidup yang bertujuan dan bersemangat itu ada dalam Islam. Karena orang yang ber Islam dan Ber-Iman, selayaknyalah selalu bertujuan syurga dan selalu bersemangat karena Allah selalu ada dibalik semua usahanya.

Berapa tahun akhir ini saya menetapkan diri saya untuk menjadi pelatih hidup, walaupun saya yang dulunya di SD dan SMP adalah orang yang tidak dan sangat tidak suka berbicara didepan umum. Namun ketika banyak yang saya baca, pelajari dari seminar, training dan coaching. Membangun mental saya menjadi pembicara dan mengautkan tekad saya untuk melatih orang lain untuk hidup dan kehidupannya yang saya targetkan di tahun 2014 ini berbeda dari beberapa tahun kemaren, saya targetkan mampu 720 jam pelatihan formal dan informal. InsyaAllah

2014 Anda Mau Ngapain?
Setelah memaparkan siapa saya dan mau ngapain saya dalam tulisan ini, Pertanyaan untuk anda “2014 anda mau ngapain?” walaupun itu mudah, namun susah mewujudkannya, kenapa? Banyak faktor sebenarnya, namun pertanyaan yang harusnya kali pertama anda jawab adalah siapa anda sekarang dan di tahun 2014? Karena resolusi atau target 2014 anda akan sia-sia jika anda tidak tahu siapa anda sekarang dan akan menjadi siapa anda di tahun 2014? Wallahu’alam bishowab.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Membaca, Menulis, dan Melatih 365 Hari
Membaca, Menulis, dan Melatih 365 Hari
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1r45vSJggyw3uQBdR47j-bR8NrtmUPIghSzqCpcqWsM1K4KwoBx7eQoJXqlptuNk6W37spCsCpowsmgKOa0cL53o4EBffE7UYAAnxihwXWB3wc_IQombbOz8yqqUO6Ky9ufWw1cECSOx0/s320/PhotoFunia-796c6de.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1r45vSJggyw3uQBdR47j-bR8NrtmUPIghSzqCpcqWsM1K4KwoBx7eQoJXqlptuNk6W37spCsCpowsmgKOa0cL53o4EBffE7UYAAnxihwXWB3wc_IQombbOz8yqqUO6Ky9ufWw1cECSOx0/s72-c/PhotoFunia-796c6de.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2013/12/membaca-menulis-dan-melatih-365-hari.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2013/12/membaca-menulis-dan-melatih-365-hari.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy