Improvement = Fill or Kill

By Ridho Hudayana “Ada sebuah semboyan perjuangan “Hidup Mulia Atau Mati Syahid” yang sekaligus menandakan militansi dari pergerakan...



By Ridho Hudayana
“Ada sebuah semboyan perjuangan “Hidup Mulia Atau Mati Syahid” yang sekaligus menandakan militansi dari pergerakan Ikhwanul Muslimin yang  fenomenal di mesir itu, dan saat ini telah mengantarkan salah seorang kader terbaik mereka menempati posisi tertinggi di Mesir yaitu sebagai presiden, yang bernama Mohammed Mursi Issa Ayyat. Dan lebih fenomenal lagi, beliau adalah presiden mesir pertama yang menghafal Alqur’an. Dan dengan slogan itu pula yang mengantarkan kita pada kejayaan hari ini!” ( By Ridho hudayana)

Fill Or Kill !!!
Dari judul tulisan ini kok terkesan kejam ya? Ya depend on yang bacalah ya.. dalam tulisan ini, penulis ingin berbagi model improvement dari para mentor Sang Bintang School(SBS) yang dalam 2 tahun ini (2010-2012) mendirikan 17 cabang di Indonesia. Tulisan ini adalah hasil showan(kunjungan)Syawal 1433 H. kami tim SBS Pontianak ke para mentor kami yang meng-Inspirasi dan mengajarkan kami tentang hidup berorganisasi, berdakwah dan berbisnis, menjadikan warna tersendiri bagi SBS yang kami dirikan ini kali pertama di bumi khatulistiwa ini. Penasaran dengan model Improvementnya? Oke check it out!

Sejarah Menjawab Masa Depan! (Ustad. Didik Nur Haris, Lc.)
Ustad didik biasa kami memanggilnya, Beliau adalah inspirator dan mentor spiritual bagi kami di pontianak. Kiprahnya dalam dunia pendidikan ia aktualisasikan di ruang-ruang kuliah, di mimbar-mimbar ilmu, dan juga tidak terkecuali dalam aksi-aksi simpatik dijalan untuk menasehati pemimpin dan mencerdaskan ummat. Dan beliau saat ini menjabat sebagai ketua IKADI Pontianak.
Di bulan Syawal ini kami kembali berkesempatan berkunjung di kediamannya di SERDAM (Sungai Raya Dalam) komplek Mitra Indah Utama 5. Saya dan bang aji(SEKNAS SBS) bersilaturrahim sembari bercerita dan minta do’a atas pencapaian SBS saat ini. Beliau pun dengan kerendahan hatinya mendo’akan kami untuk lebih baik lagi.
Entah darimana  awal mulanya pembicaraan kita, tau-taunya kita fokus berbicara tentang sejarah umat manusia sampai hari ini dan bahkan bercerita tentang ramalan-ramalan dari hadits nabi tentang masa depan umat manusia. Terang saja saya menjadi sangat nyambung dengan pembicaraan ini. Karena memang saya senang dengan sejarah. Dan ketika saya melemparkan opini tentang pengamatan saya di media mengenai rencana perang antara Iran dengan Israel dan Amerika, sepertinya hanya gertakan sambal, dan sandiwara basi saja.
Ustad pun menanggapi dengan menghubungkan dengan haditshadits akhir zaman. Beliau mengatakan ya bisa jadi itu bohong-bohongan saja. Karen dalam hadits yng shoheh tingkatannya, mengatakan nanti orang-orang yahudi/pengikut dajjal akan dibantu oleh bangsa persia(Iran sekarang) sebanyak 70 ribu pasukan. Dan ustad juga mengkaji dari latar belakang ke-Islaman penganut syi’ah yang banyak bertentangan dari Al-Quran dan Hadits. Subhanallah,,
Menarik sekali, apalagi ketika beliau mengatakan, jika mau tau sejarah lengkap kehidupan manusia dari awal diciptakan manusia sampai akhir penciptaan, ada dituliskan oleh ulama yang super jenius yang bernama Ibnu Katsir dalam kitabnya yang berjudul An-Nihayah wal Bidayah, yang berjumlah 16 jilid, namun sayangnya belum diterjemahkan dalam bahasa indonesia, hmm sayangnya.. seandainya sudah diterjemahkan kitab-kita itu, pastinya kita akan semakin terang menggpai langkah sukses dan bersegera menyempurnakan keberhasilan kita hari ini.
Rasanya pada waktu itu kami ingin langsung mengkajinya dan membagiknnya kepada teman-teman. Namun tidak terasa waktu sudah menunjukkan jam setengah sepuluh tidak terasa sudah 90 menit kami dirumah ustad. Dan kami harus pulang dari rumah ustad, untuk mencerna isi diskusi bersama ustad yang sarat dengan ilmu dan motivasinya. Dan berjanji untuk Improvement! Fill or kill!

Mendidik Sejak Dini! (Ust. Harjani Hefni, Lc.)
Beliau adalah motivator yang turut membesarkan SBS sejak awal berdirinya dengan bimbingan ilmu dan harta yang beliau miliki. Dan beliau juga adalah pendidik yang hari ini sudah meng-Internasional dengan ceramah-ceramah di ruang-ruang kuliah, diskusi, di seminar dan training. Dan juga menginspirasi lewat tulisan-tulisan beliau, terutama yang menjadi best seller yaitu buku beliau yang berjudul the seven islamic habits, yang telah diterjemahkan dalam beberapa bahasa.
Dalam kunjungan ini kami bertemu beliau dirumahnya, namun sayangnya bertepatan dengan jadwal keberangkatan beliau ke singkawang beserta keluarganya. Namun tidak mengurangi penghargaan beliau dengan kedatangan kami, beliau dengan wajah ceria tetap meladeni kami yang bertanya-tanya kecil.
Hal yang sangat membuat kami terkesan pada waktu itu adalah ketika mengetahui anaknya yang masih berusia 4 tahun sudah bisa baca qur’an dengan tajwid dan sudah menghatamkan bacaan al-qur’an diusianya tanpa keterpaksaan, bahkan dengan sukrela dan senang hati. Dala hati saya kagum dengan pendidikan yang ustad berikan ke anak-anaknya ditengah kesibukanna dan istrinya dalam berdakwah, berorganisasi dan berbisnis. Subhanallah Jenius sekali!
Jelas ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami melakukan inovasi-inovasi dalam pengajaran bahasa inggris, untuk memberikan lebih baik lagi dari kemaren. Improvement! Fill or kill!

Hanya 3 Ilmu dan Skill yang Penting! (Pak Supardi)
Kunjungan berikutnya adalah ke rumah mentor kami yang sangat tegas dan lugas. Beliaulah yang awalnya membuat Mr. Yun secara tegas untuk “serius” dalam mengelolah SBS pada awalnya. Dan beliau selalu bersedia untuk memberikan masukan, teguran dan semangatnya untuk kami lebih besar dan lebih hebat. Dan nyatanya beliau juga hebat sebagai ketua yayasan Al-Mumtaz, sekolah islam terpadu tingkat TK(Taman Kanak-kanak), SD(Sekolah Dasar), dan SMP(Sekolah Menengah Pertama). Dan saat ini beliau juga menangani pendirian sekolah islam terpadu dari tingkat SD sampai SMA(Sekolah Menengah Atas). Atas bantuan dana Negara Qatar, negara islam terkaya berdasarkan pendapatan perkapita penduduknya.
Menarik berbicara konsep pendidikan bersama pak supardi, karena beliaulah yang telah merintis banyak lembaga-lembaga pendidikan ala “aktivis” di Pontianak. Ketika berkunjung kerumahnya yang cukup sederhana dan bersahaja itu, kami disuguhkan suatu konsep yang sederhana namun memiiki efek yang sangat besar dalam kehidupan seorang manusia.
Beliau berkata, “yang dibutuhkan orang dalam hidupnya adalah 3 ilmu dan skill saja, pertama, Al-Qur’an, Bahasa, dan Matematika atau hitungan. Sedangkan imu yag lainnya adalah bisa dikuasai ketika 3 ilmu dan skill ini dikuasai” ketika dibuat skema piramidnya maka Al-Qur’an diatas, bahasa dan hitung-hitungan dibawah samping kiri dan kanannya. Sederhana sekali, namun hemat saya, itu sangat benar. Karena untuk memahami alam semesta dan memahami kehidupan kita, disadari atau tidak adalah berupa bahasa dan matematika atau dengan hitungan.
Ketika berkomunikasi maka kita butuh bahasa yang baik dan efektif untuk melancarkan semua maksud dan tujuan kita, dan itu menunjukkan keberbudayaan kita sebagai manusia. Sedangkan hitungan akan membantu kita mengukur dan menimbang sesuatu secra akurat baik dalam berbisnis dan menghitung waktu, uang, jarak, berat, dan lain-lain sebagainya. Dan untuk menunjuki jalan yang terbaik, maka kita harus punya Ilmu Al-Qur’an.
Dengan konsep yang di sharekan oleh pak supardi ini, menguatkan kami untuk megajar dan terus menerus belajar dan mempelajari 3 ilmu dan skill ini untuk berkomitmen Improvement! Fill or kill!

Leverage Your Business! (Hamdani)
Beliau adalah sahabat bang Yunsirno dan bersama merintis usaha dibidang pendidikan, beliau merintis TRUSCO, perusahaan berfokus dalam bidang  seminar, training, dan outbond. Dari nggak punya jaringan atau mitra kerja sampai bekerjasama hampir ke semua institusi negara di pontianak dan kerjasama dengan semua perusahaan swasta besar sampai yang kecil.
Menurut saya beliau adalah pembelajar cepat, dan cerdas, dan selalu bersedia bekerja keras, dan yang jelas anti korupsi. Sehingga tidak jarang saya berkali-kali konsultasi ke beliau untuk masalah legalitas lembaga yang bisa mempermudah dan memperlancar kita untuk membangun kemitraan secara legal dan professional. Karena untuk lembaga yang piawai dalam kerjasama di berbagai instansi dan lembaga, adalah beliau orangnya.
Dalam kunjungan kami ke tempat kediamannya, saya dan tim mendapatkan kebrsahajaannya dan kesederhanaan beliau. Dan kami bertekad untuk lebih baik, professional dan lebih hebat untuk Improvement! Fill or kill!

Mau Sukses? Menyerahlah! (Andri Zulfikar)
Beliau adalah seorang yang kompleks untuk saya gambarkan, hanya saja yang pasti beliau adalah inspirator kami dan master trainer saya di leadership and followership ketika saya kelas 1 aliyah di pontianak. Dan saat ini beliau adalah impinan di perusahaan jasa expedisi laut, dan saatini beliau adalah ustad, trainer, penulis, dan penggerak lembaga yang konsen dengan pembernatasan buta aksara dan hitung di KALBAR.
Ketika kunjungan kami berkunjung kerumahnya disuasana lebaran, banyak informasi dan tips hidup sukses yang menarik untuk saya bagikan disini. Hanya saja yang saya akan bagikan disini adalah prinsip sukses tercepat, namun bukan gimmick alias tipu muslihat untuk cepat sukses, kebanyakan yang dibagikan dalam training serba instan.
Beliau mengawali dengan cerita inspiratif nabi nuh yang usia hidupnya tidak kurang dari 900 tahun, dan seumur hidupnya beliau habiskan untuk berdakwah, mengajak umatnya ke jalan Allah swt.
Namun selama 900 tahun itu pengikutnya hanya 80 orang dari seratus tahun pertama sampai 900 tahun? Whats wrong? Bukannya nabi nuh adalah orang pilihan Allah swt? Namun ketika nabi nuh di usianya ke 900an tahun beliau baru menyerah, maka Allah swt langsung menolongnya dengan  mendatagkan azab kepada orang-orang yang inkar dengan dakwahnya.
Karena dalam kasus ini nab Nuh sangat kuat dan optimis dengan usahanya, namun kebuntuannya selama ratusan tahun itu membuat Ia menyerahkan kebuntuanya tepat pada yang maha memiliki dan berkuasa semuanya, yaitu Allah swt. Maka Allah dengan segera memberikan bantuan bagi hambanya yang menyerahkan urusannya pada Allah swt. Tentunya anda tidak akan mengulangi pengalaman nabi nuh kan?
Bang Andre membahasakan mudahnya dengan dialek melayu “kau udah nyerah belom? Kalau belom lanjut jak, Aku ngeliat jak, kalau kau dah nyerah, Aku turon tangan bantu kau” pelajarannya, kalau mau cepat sukses, maka pertama kali kita harus menyerah dulu, “jangan sok tau” karena ada yang lebi maha tau dan maha kuasa atas semua rencana dan usaha kita. Dan pelajaran dari bang andri ini pun akan saya tulis di tulisan saya yag berjudul “Sukses = Menyerah + Takut”.
Dan bang andre menyindir  tentang pelatihan-pelatihan kaya cepat dan sejenisnya itu, beliau mengatakan  tidak ada kaya cepat itu, kalau mau kaya cepat Cuma ada dua aja caranya, berjudi atau mencuri, kami serentak tertawa. Dan menguatkan komitmen kami untuk  Improvement! Fill or kill!

Kejasama Menguntungkan dan membesarkan! (Dian Patria)
Mungkin pembaca sudah mengenal sososk mentor kita yang satu ini, dari tulisan bang yunsirno di Keajaiban Belajar. Beliau adalah mentor yang memotivasi lahirnya 6 mingu bisa bahasa inggris, yang awalnya 6 bulan bisa. Beliau selain dosen juga pemilik lembaga pendidikan yang bernama Patria Education yang beraktivitas dalam even organizer, training, TOEFL dan konSultasi.
Pak Dian, panggilan akrab beliau, dari cara dan alur berbicara pak Dian ini adalah orang yang serius, humoris dan rijit dalam menjelaskan serta penuh pertimbangan, kelihatan banget aura kecerdasannya dan leading oppinion yang baik etiap kami diskusi bersama beliau yang juga alumnus pasca disalah satu kampus di Amerika.
Beliau sangat mengaspirasi pencapaian SBS dengan 17 cabang, disela diskusi kami beliau menawarkan kami kerjasama untuk mendirikan TOEFL Centre di setiap cabang SBS di Indonesia, karena beliau adalah pemilik TOEFL Liscence skala nasional. Dan kami menyambut dengan baik, dan kami janjikan untuk segera memberikan keputusan untuk kerjasama ini.
Menurut saya tawaran kerjasama ini adalah kesempatan besar bagi SBS lembaga kurus bahasa inggris untuk lebih besar dan lebih cepat lagi dalam pencapaian-pencapaiannya.

Geliat Jaringan Bisnis (M. Irfani Henri) 
Mentor SBS yang biasa kami sapa pak irvani, seorang doktor di bidang ekonomi di fakultas ekonomi UNTAN (Universitas Tanjungpura), beliaulah yang memberikan jaringan kerjasama bagi kami untuk  menghubungkan kenalan dan koneksi di kampus dan diluar kampus bersama rekanan-rekanan beliau yang menggeliat dikota Pontianak.
Dibuktikan Saat kali pertama program 6 minggu bisa diluncurkan, kami diberikan kesempatan untuk mengadakannya di salah satu aula yang luxe di fakultas ekonomi UNTAN. Sehingga yang daftar sebaai siswapun dari kalangan profesional.
Dalam kunjungan di rumahnya, beliau menumpahkan rencana dan ide, yang intinya untuk memperbesar SBS di pontianak dan di KALBAR. Disela-sela itu beliau menceritakan tentang kerjasama antar kamus UNTAN dengan kampus-kampus yang ada di China, karena beliau baru pulang dari China bebrapa waktu lalu. Beliau mengatakan hari ini China sangat tidak asing dengan Indonesia, mereka sangat open untuk kerjasama, dan beliau katakan kini di China orang banyak mempelajari 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Klau sudah bericara ide, rencana, dan jaringan. Memang tak salah untuk menjadikan pak Irvani sebagai mentor, dan yang paling penting bagi kami adalah bagaimana menangkap dengan erat  semua tumpahan ide dan rencana-rencanya. Dan saya semakin meyakini hari demi hari bahwa kita harus Improvement! Fill or kill!

Memaknai Improvement = Fill or Kill
Dari perjalanan kunjungan dalam silaturrahim syawal 1433 H. Belajar dari mentor satu dengan yang lainnya, mengajarkan kami banyak hal yang harus saya dan tim SBS Pontianak benahi menyongsong Indonesia Jenius 2018. Mengingat para mentor yang begitu smangat untuk mendukung kami  mewujudkannya.
Maka Syawal sebagai bulan Allah, yang berarti Peningkatan, menjadi ide kami untuk selalu bekerja dan belajar dari semua mentor-mentor kami. Dan menguatkan saya memilih dan menguatkan untuk setiap detik adalah Improvement. Karena itulah fill or kill, amanah harga mati bagi kami  untuk terus berusaha selaras dengan doa’-do’a kami sebagai wujud tawakkal, untuk lebih cepat, lebih hebat, lebih kuat, lebih cerdas dan lebih jenius untuk Improvement! Fill or kill!
Wallahua’alam bisshowwab, Fastabiqul Khairat, Keep Fight!

Yaumul Khomis, 19 Syawal 1433 H

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Improvement = Fill or Kill
Improvement = Fill or Kill
https://m.ak.fbcdn.net/photos-c.ak/hphotos-ak-ash2/550858_3880253286157_1492060267_a.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2013/09/improvement-fill-or-kill_28.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2013/09/improvement-fill-or-kill_28.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy