Solusi Psikoterapi Islami

Solusi Psikoterapi Islami Judul Buku : Psikoterapi Perspektif Islam dan Psikologi     Kontemporer ...


Solusi Psikoterapi Islami

Judul Buku : Psikoterapi Perspektif Islam dan Psikologi  
  Kontemporer  
Pengarang : Iin Tri Rahayu
Tebal Buku : 304 halaman
Penerbit : UIN Malang Press
Tahun Terbit : 2009
Presensi : Ridho Hudayana, 
  admin; www.makalahpsikologi.blogspot.com

Dalam kehidupan serba instan seperti saat ini, disadari dan diakui atau tidak, banyak orang yang sebenarnya telah mengidap penyakit jiwa, namun mungkin mereka tidak mengerti dan memahami bagaimana hal yang seharusnya dilakukan untuk menghilangkan atau mengobati penyakitnya. Karenanya banyak orang yang membutuhkan pengetahuan yang cukup tentang hal-hal yang mendasar terkait dengan psikoterapi. 

Sedangkan istilah psikoterapi sendiri mempunyai pengertian yang banyak dan kabur. Hal ini dikarenakan psikoterpi digunakan dalam berbagai bidang seperti; psikiatri, psikologi, bimbingan dan penyuluhan, kerja sosial dan ilmu agama. Namun secara harfiahnya psikoterapi berasal dari kata psycho yang berarti jiwa dan therapy yang berarti penyembuhan atau penyumbuhan jiwa. Dalam salah satu pengertian psikoterapi yang ditulis dalam buku ini, menurut prawita (2002) yang mendefinisikan psikoterapi sebagai proses formal interaksi antara 2 orang atau lebih , dengan salah satu berposisi sebagai “penolong” dan yang lain sebagai “yang ditolong” dengan tujuan perubahan atau penyembuhan. 

Dalam buku psikoterapi perspektif Islam dan psikologi kontemporer ini, mengahadirkan nuansa baru yang secara teoritis dan praktis dari psikoterapi kebanyakan. Dalam buku ini tidak hanya menyajikan psikoterapi sebagaimana yang pernah ada atau psikoterapi perspektif psikologi kontemporer yang terbagi menjadi beberapa pendekatannya, seperti; psikodinamika, behavioristik, extensial humanistic, dan dengan pendekatan Gestalt. Tapi juga dalam buku ini menghadirkan psikoterapi melalui pendekatan secara teoritis dan praktis dalam perspektif Islam. 

Berbeda dengan psikoterapi perspektif psikologi kontemporer, psikoterapi perspektif Islam yang ditulis oleh Iin Tri Rahayu (seorang akademisi dan psikolog) adalah sebagai pengobatan dan penyembuhan suatu penyakit baik mental, spiritual, moral maupun fisik dengan melalui bimbingan al-Qur’an dan as-Sunnah Nabi saw. atau secara empiris psikoterapi ini adalah melalui bimbingan dan pengajaran Allah swt, malaikat-malaikatnya, nabi dan rasul-Nya atau ahli waris para nabi-Nya (Adz-dzaky, 2000). Dimana Muhammad Mahmud Mahmud, seorang psikolog muslim membagi psikoterapi Islam dalam dua kategori; pertama, bersifat duniawi, berupa pendekatan dan teknik-teknik pengobatan setelah memahami psikopatologi dalam kehidupan nata; kedua, bersifat ukhrawi, berupa bimbingan mengenai nilai-nilai moral, spiritual, dan agama. Sehingga psikoterapi perspektif islam dalam buku ini dipandang lebih menyeluruh dan lengkap dari segi terapi psikologi kontemporer yang hanya memperhatikan aspek kehidupan dunia, tanpa mendalami dan mempraktekkan psikoterapi pada aspek ukhrawi yang merupakan petunjuk (hidayah) dan anugerah (wahdah) dari Allah swt. Yang berisikan kerangka ideologis dan teologis dari segala psikoterapi. 

Buku yang berjudul psikoterapi perspektif Islam dan psikologi kontemporer ini layak dimiliki oleh semua orang yang memerlukan informasi dan pengetahuan terkait dengan psikoterapi baik dengan perspektif psikologi kontemporer maupun dalam perspektif Islam. Karena dalam buku ini tidak hanya memberikan informasi dan pengetahuan tentang psikoterapi saja, tapi juga memberikan pengetahuan awal terkait dengan psikoterapi. Dimana dalam buku ini juga memberikan pemahaman awal tentang manusia dalam pandangan Islam dan psikologi, kepribadian manusia dalam perspektif psikologi dan islam, gangguan jiwa, kecemasan, stress, depresi, dan penyesuaian diri, serta dalam buku ini juga memberikan pemahaman bagi pembaca mengenai pribadi yang sehat. sehingga buku ini menjadi penting sebagai rujukan bagi terapis, peneliti, psikolog, dokter, dan mahasiswa. 


COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Solusi Psikoterapi Islami
Solusi Psikoterapi Islami
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3uuMb30FEdnmXYdHHDk6CucPBic4mQTo0vPV31m6Flm4OQlyK31y-v6pxXSmgtdzgzYIZ8HW7R2WFtNq_vP6sJw8DxDhaL-cCHBJF-GM5ABqVL2fDPM4FDbtGW-g6Y8Ev4FjX8AxF-Gsu/s200/psi+terapi.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3uuMb30FEdnmXYdHHDk6CucPBic4mQTo0vPV31m6Flm4OQlyK31y-v6pxXSmgtdzgzYIZ8HW7R2WFtNq_vP6sJw8DxDhaL-cCHBJF-GM5ABqVL2fDPM4FDbtGW-g6Y8Ev4FjX8AxF-Gsu/s72-c/psi+terapi.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2010/02/solusi-psikoterapi-islami.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2010/02/solusi-psikoterapi-islami.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy