Pak Zul dan Observasinya

By. Ridho Hudayana Apa yang pertama kali terbayang oleh kita ketika mendengar atau membaca kata “pe...

By. Ridho Hudayana

Apa yang pertama kali terbayang oleh kita ketika mendengar atau membaca kata “pendidikan”? ya, paling tidak mungkin ada dua hal yang akan terbayang, guru dan ruang kelas yang dipenuhi siswa yang sedang mendengarkan guru mereka yang sedang menceramahi mereka. 

Tidak ada yang salah dengan gambaran itu, karena mungkin banyak pemandangan sepeti itu, walaupun tidak semuanya guru “asyik” berceramah didepan murid-muridnya. Ketika kondisi seperti itu, apa yang dapat anda bayangkan yang terjadi pada murid-murid dengan perlakuan seperti itu?

Ada pengalaman yang menarik tentang guru yang ”asyik” menceramahi murid-muridnya itu, dari sambutan yang disampaikan oleh Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak, Drs. H. Zulkifli Salim, M. Si di Seminar otak kanan bertemakan Keajaiban Belajar yang diadakan di Mempawah kabupaten Pontianak. 

Beliau pernah mengobservasi beberapa sekolah negeri disana, dengan kepeduliannya, beliau mengatakan “saya jarang duduk-duduk di kantor”, karena kebiasaannya dalam usaha pengembangan kualitas pendidikan di Mempawah, beliau sering sekali untuk turun langsung ke sekolah-sekolah untuk mengetahui dengan pasti pelaksanaan belajar mengajar disekolah efektif.

 Pada hari itu, beliau sengaja datang pagi jam tujuh, untuk mendengarkan guru-guru didalam kelas yang sedang mengajar murid-muridnya, tanpa sepengetahuan guru yang ada didalam kelas. Selama pak Zulkifli Salim yang akrab di panggil pak zul ini mengobservasi kelas itu.
 
Selama observasi itu,  pak zul hanya mendengar suara gurunya saja. Ternyata guru tidak memberi kesempatan muridnya untuk bertanya atau berdiskusi tentang pelajaran yang diajarnya. Berdasarkan observasi pak zul itu, maka pak zul mengungkapkan partisipasi aktif dalam belajar mengajar adalah suatu keniscayaan dalam dunia pendidikan. Untuk mempercepat penguasaan materi bagi siswa.

COMMENTS

Nama

Advertorial Download Forum Konseling Gratis Indonesian Jenius Juragan Donat Motivasi Harian Paradigma Psikologi Puisi
false
ltr
item
Ridho Hudayana: Pak Zul dan Observasinya
Pak Zul dan Observasinya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEyHzYW7vyIHoIWjvhdVg0Gh_jn5fwymgQTP_yQe72pEs2RUIui-xK2ct-lxePPUkOqxTnbVwanpFJt-FirGQu3aFUQbytvGBMyFXnBmNKv9M4XOR_PSjxiYRewFa0mesJdDQ4W4IIHtFA/s320/bg+yun+n+kadis+diknas.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiEyHzYW7vyIHoIWjvhdVg0Gh_jn5fwymgQTP_yQe72pEs2RUIui-xK2ct-lxePPUkOqxTnbVwanpFJt-FirGQu3aFUQbytvGBMyFXnBmNKv9M4XOR_PSjxiYRewFa0mesJdDQ4W4IIHtFA/s72-c/bg+yun+n+kadis+diknas.jpg
Ridho Hudayana
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/08/pak-zul-dan-observasinya.html
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/
http://ridhopsi.blogspot.com/2011/08/pak-zul-dan-observasinya.html
true
7614345822492057109
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy