PENGASUHAN ANAK : PERSPEKTIF INTEGRATIF Judul Buku : Psikologi Pengasuhan Anak Pengarang : Rifa Hidayah, M.Si., Psi Tebal Buku : 298 hal...
PENGASUHAN ANAK : PERSPEKTIF INTEGRATIF
Judul Buku : Psikologi Pengasuhan Anak
Pengarang : Rifa Hidayah, M.Si., Psi
Tebal Buku : 298 halaman
Penerbit : UIN Malang Press
Tahun Terbit : 2009
Katagori : Psikologi
Presensi : Ridho Hudayana,
Judul Buku : Psikologi Pengasuhan Anak
Pengarang : Rifa Hidayah, M.Si., Psi
Tebal Buku : 298 halaman
Penerbit : UIN Malang Press
Tahun Terbit : 2009
Katagori : Psikologi
Presensi : Ridho Hudayana,
admin; www.makalahpsikologi.blogspot.com
Setiap anak yang terlahir memerlukan pengasuhan oleh orang tuanya. Dimana anak-anak terlahir dengan bakat dan potensi yang berbeda, sehingga membutuhkan pengasuhan yang berbeda pula oleh orang tua sebagai lingkungan pertama bagi perkembangan awal seorang. walaupun membutuhkan pengasuhan yang berbeda, namun yang perlu diketahui oleh akademisi dan praktisi psikologi serta orang tua dan para pengasuh adalah fase-fase perkembangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi serta hambatan-hambatan yang dialami oleh anak secara umum.
Setiap manusia pasti melalui fase perkembangan dalam hidupnya yang diawali dengan fase-fase awal dalam pandangan tokoh psikologi membagi fase-fasenya dengan fokus beberapa aspek diantaranya; biologis,psikologis, dan pendidikan. Sebagaimana pandangan Freud yang membagi fase perkembangan manusia dengan fokus pada aspek biologis yaitu; fase oral, anal, falis, laten, pubertas dan genital. Fase perkembangan manusia dalam aspek psikologis, sebagaimana yang dijelaskan oleh Oswald Kroch berpendapat, selama perkembangannya individu mengalami trotz (keguncangan dua kali) yang proses perkembangan itu dilukiskan sebagai proses evolusi dan revolusi. Dari kedua proses itu digambarkan dalam tiga periode diantaranya; masa kanak-kanak, masa keserasian bersekolah, dan masa kematangan. Sedangkan fase perkembangan manusia dari aspek pendidikan menurut Johan Amos Comenius dibagi menjadi empat fase, diantaranya; Fase I, usia 0-6 tahun anak masuk sekolah ibu, Fase II usia 6-12 tahun anak masuk sekolah bahasa ibu. Fase III, 12-18 tahun anak masuk sekolah latin. Dan Fase IV, 18-24 tahun anak masuk sekolah academia.
Dalam buku Psikologi Pengasuhan anak yang ditulis oleh Rifa Hidayah, M.si., Psi. yang kesehariannya beliau adalah seorang akademisi psikologi (dosen) sekaligus sebagai seorang psikolog yang konsen dibidang pengasuhan anak. Yang dalam bukunya ini, tidak hanya memaparkan pemahaman tentang dinamika perkembangan anak secara umum yang penting untuk dipahami oleh orang tua dan pengasuh anak, tapi juga dalam buku ini menjelaskan peran keluarga dalam pengasuhan anak, perkembangan anak dan implikasinya pada pengasuhan anak, memahami perkembangan anak pada waktu remaja, memahami perbedaan individualnya, konsep diri dan penyesuaian anak, bagaimana menghindarkan anak dari kekerasan, mengembangkan bakat yang dimiliki anak, membantu anak mengatasi kesulitan belajar, menangani anak ketika mengalami berkesulitan membaca (dialeksia), mengatasi kecemasan anak ketika menghadapi ujian atau tes, dan urgensi agama dalam upaya penanggulangan remaja nakal.
Dalam menjelaskan berbagai hal tentang pengasuhan anak, buku psikologi pengasuhan anak ini disajikan secara sistematis dalam tema dan penulisannya. Dimana disetiap tema yang sebagimana telah disebutkan itu disajikan dengan struktur pembahasan yang sistematis dan gamblang. Sehingga mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Ditambah dengan bahasa yang digunakan tidak bertele-tele dan dilengkapi dengan kamus istilah atau glosarium, menjadikan buku ini mudah untuk dimengerti dan untuk dipraktekkan oleh semua orang yang terlibat dalam pengasuhan anak, sekalipun orang itu tidak memiliki latar belakang keilmuan psikologi. Dimana dalam penulisan buku ini juga mengahdirkan suasana integrasi antara agama dan sains, sehingga membuka cakrawala baru bagi pengasuhan anak dan menambah keistimewaan buku pengasuhan anak ini dengan buku-buku yang mengangkat tema serupa.
Buku yang berjudul psikologi pengasuhan anak ini menjadi penting dimiliki untuk dibaca dan dijadikan sebagai referensi serta dipraktekkan oleh para akademisi dan praktisi psikologi, pendidik di sekolah, orang tua, serta semua orang yang memiliki kepedulian dalam rangka mengoptimalkan pengasuhan anak untuk melahirkan generasi yang terbaik dimasa depan.